Kompas TV olahraga sepak bola

Walau Arema FC Kalah dari Persebaya, Fernando Valente Apresiasi Sikap Dewasa Bonek Mania

Kompas.tv - 23 September 2023, 21:30 WIB
walau-arema-fc-kalah-dari-persebaya-fernando-valente-apresiasi-sikap-dewasa-bonek-mania
Didik Setiawan, pemain Arema FC mendapat pengawalan ketat tiga pemain Persebaya Surabaya saat kedua tim bertemu pada pekan ke-13 Liga 1 2023-2024 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Sabtu (23/9/2023). Laga Persebaya vs Arema berkesudahan 3-1. (Sumber: Kompas.tv/Rizky Ade Saputro)
Penulis : Rizky Ade Saputro | Editor : Gading Persada

SURABAYA,KOMPAS.TV - Hasil laga Persebaya Surabaya vs Arema FC Malang berkesudahan 3-1 pada pekan ke-13 Liga 1 musim 2023-24, Sabtu (23/9/2023) petang.

Meski timnya kalah, pelatih Arema FC Fernando Valente mengapresiasi positif yang ditunjukkan Bonek Mania, barisan suporter Persebaya. Ada apa? 

Meski Persebaya dan Arema dikenal memiliki rivalitas tinggi, Fernando Valente memuji sikap Bonek. 

Baca Juga: Hasil Persebaya vs Arema di Liga 1 2023-24: Bajul Ijo Menang 3-1

“90 menit kita bertanding dan kita belajar dari masa lalu karena sepakbola itu penuh kegembiraan bukan permusuhan,” ungkap Fernando dalam sesi jumpa pers usai pertandingan di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Apa yang diutarakan Fernando Valente beralasan. Sebab, tidak ada ketakutan pada laga tersebut. Meskipun pengamanan berlapis polisi dilakukan mulai dari pintu akses menuju stadion hingga ke dalam stadion.

Termasuk antisipasi suporter yang tidak memiliki tiket pertandingan masuk juga diterapkan. Pengamanan terdiri dari 3 ring penjagaan mulai dari 1km menuju stadion, 350 meter, dan 100 meter akses ke dalam tribun.

Bahkan ada juga pemeriksaan ketat meliputi pengamanan air mineral berbentuk botol, senjata tajam, flare atau kembang api, serta gesper besar (kopel).

Meski begitu, Arema FC yang bermain dihadapan 15.000 lebih suporter Persebaya tetap tampil tanpa beban dan mampu mencetak satu gol ke gawang Persebaya lewat sontekan Dedik Setiawan di menit 65. Sementara tiga gol kemenangan tuan rumah dibagi rata Bruno Moreira (27'), Dusan Stevanovic (45'+) dan Ze Valente (50').


Ada hal menarik pada laga sore tadi. Bus pemain Arema FC tiba di stadion dengan aman. Tidak ada kawalan khusus atau menggunakan Barracuda untuk menuju Stadion Gelora Bung Tomo.

Bonek Mania juga tampak ikut mengamankan bus pemain Arema FC yang datang tanpa pengawalan ketat dari pintu keluar tol hingga menuju stadion.

Baca Juga: Link Live Streaming Persebaya vs Arema FC Kick-off Pukul 15.00 WIB

Usai laga pemain Persebaya Ze Valente menghampiri sang ayah, Fernando Valente. Dan mereka saling berpelukan. Tanpa adanya rasa kesal ataupun marah.

Adapun hasil pertandingan ini juga menjadi kekalahan pertama bagi Fernando Valente sejak menjadi pelatih Singo Edan. Dia juga memahami bahwa kekalahan ini membuat Aremania kecewa.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x