Kompas TV olahraga sepak bola

Jumpa Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia, Pelatih Brunei: Kami Tidak Beruntung

Kompas.tv - 11 Oktober 2023, 20:20 WIB
jumpa-timnas-indonesia-di-kualifikasi-piala-dunia-pelatih-brunei-kami-tidak-beruntung
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (kiri), pemain timnas Indonesia Asnawi Mangkualam (dua dari kiri), pemain timnas Brunei Darussalam Hendra Azam Idris (dua dari kanan) dan pelatih timnas Brunei Darussalam Mario Rivera (kanan) saat mengikuti jumpa pers jelang laga pertama Indonesia melawan Brunei Darussalam di kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia ronde pertama di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Rabu (11/10/2023) (Sumber: Antara/Zaro Ezza Syachniar)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV Pelatih Timnas Brunei Darussalam, Mario Rivera, merasa tidak beruntung harus langsung berjumpa Timnas Indonesia di kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran pertama.

Seperti diketahui, duel leg pertama Timnas Indonesia vs Brunei akan berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (12/10/2023) pukul 19.00 WIB.

Rivera merasa Timnas Indonesia arahan Shin Tae-yong merupakan tim yang sangat kuat.

“Kami tidak beruntung karena dalam undian kami akan bermain melawan negara terkuat yang bisa kami lawan,” kata Rivera pada jumpa pers di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Rabu (11/10) dikutip dari Antara. 

Baca Juga: Timnas Indonesia vs Brunei: Sandy Walsh Tak Sabar Main di SUGBK

Sebagai catatan, Brunei memiliki peringkat FIFA yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan Indonesia.

Timnas Brunei, yang bermarkas di Bandar Seri Begawan, menduduki peringkat dunia FIFA ke-191, sementara Indonesia berada di peringkat ke-147.

Pelatih asal Spanyol itu juga merasa sepak bola Asia Tenggara berkembang pesat selama satu dekade terakhir. 

Walau menyadari bahwa pertandingan melawan Indonesia akan sulit, Rivera berkomitmen untuk memberikan yang terbaik dan melihatnya sebagai kesempatan untuk mengangkat level timnya perlahan tapi pasti.

“Saya pikir sepak bola di Asia Tenggara semakin membaik, saya tahu ada beberapa negara yang melakukannya dengan baik, seperti Thailand, Vietnam, Indonesia, Kamboja, dan dalam 10 tahun terakhir mereka mengalami banyak kemajuan,” kata Rivera.

Baca Juga: Jelang Timnas Indonesia vs Brunei, Shin Tae-yong Minta Garuda Cetak Banyak Gol

“Jika Anda ingin menjadi lebih baik, Anda harus bermain melawan negara-negara yang lebih baik, tim yang lebih baik, dan bagi kami ini adalah kesempatan bagus untuk mencoba mencapai level yang kami perlukan dan berkembang selangkah demi selangkah,” ucap Rivera.

Terlepas dari itu, Rivera merasa timnya kurang mendapat persiapan yang memadai.

Mereka hanya bermain satu pertandingan internasional pada tahun ini, yang berakhir dengan kekalahan memalukan 0-10 dari Hong Kong pada bulan September.


Selain itu, catatan buruk mereka melawan Indonesia yang dilatih oleh Shin Tae-yong, termasuk kekalahan telak 0-7 dalam Piala AFF 2022 pada Desember tahun lalu, membuat situasinya semakin sulit.

"Kami tahu persiapan kami kurang ideal, namun saat ini situasinya hampir sama dengan yang kami alami pada bulan Desember (Piala AFF 2022)," tandas Rivera.

Baca Juga: Dijadwalkan Lawan Brunei Darussalam, Witan: Saya Ingin Membuktikan untuk Indonesia

 

 



Sumber : Kompas TV/Antara News



BERITA LAINNYA



Close Ads x