Kompas TV olahraga sepak bola

Perempat Final Piala Dunia U17 FIFA Indonesia 2023, Pelatih Prancis Buta Kekuatan Uzbekistan

Kompas.tv - 23 November 2023, 23:30 WIB
perempat-final-piala-dunia-u17-fifa-indonesia-2023-pelatih-prancis-buta-kekuatan-uzbekistan
Pemain Timnas Prancis U17, Bastien Meupiyou, saat melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya setelah mencetak gol dalam laga Grup E Piala Dunia U17 2023 melawan Timnas Amerika Serikat U17 di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta, Sabtu, 18 November 2023. (Sumber: AP Photo/Achmad Ibrahim)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Timnas Prancis akan bertemu Uzbekistan di perempat final Piala Dunia U17 FIFA Indonesia 2023. 

Uzbekistan sendiri tampil mengejutkan dengan menyingkirkan Inggris. Pelatih Prancis, Jean-Luc Vannuchi pun mengaku buta dengan kekuatan lawan. 

"Saya tidak tahu permainan mereka [Uzbekistan] itu seperti apa. Saya kira Uzbekistan adalah tim yang baru bagi kami," kata Vannuchi. 

"Bila mereka mampu mengalahkan Inggris, artinya mereka adalah tim yang bagus. Kami akan mulai bekerja melakukan observasi untuk pertandingan-pertandingan Uzbekistan," ujarnya lagi melalui rilis resmi yang diterima oleh Kompas.TV, Kamis sore (24/11/2023).

Prancis harus bekerja keras untuk menyingkirkan Senegal dalam laga di babak 16 besar di Jakarta International Stadium, Rabu (22/11) malam. 

Mereka akhirnya merebut tiket ke perempat final setelah menang 5-3 lewat adu penalti. 

Prancis sendiri bergabung dengan Uzbekistan, Maroko dan Mali, pada laga di perempat final di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (25/11/2023).   

Baca Juga: Penonton Puas Menikmati Piala Dunia U-17 di Manahan Solo

Menjadi tim terakhir yang lolos ke perempat final, Vannuchi mengaku bahagia. Apalagi mereka harus melewati pertandingan yang sulit melawan Senegal U17. 

"Melawan Senegal U17 adalah pertandingan yang melelahkan. Mereka bermain 'direct', filosofi bermain yang sangat berbeda dengan tim Eropa seperti kami. Ini membuat para pemain kelelahan terutama di babak kedua," katanya.  

Vannuchi menegaskan dirinya tetap melakukan evaluasi tim, terutama problem di lini depan. Meski mendapat banyak peluang, tetapi mereka kesulitan mencetak gol. 

"Di laga ini, kami mendapatkan bola, tapi juga langsung kehilangan bola itu. Hal ini tidak boleh terjadi lagi di laga selanjutnya," tukasnya.  


 

Bertanding di level ini, Vannuchi mengatakan jika dirinya mempersiapkan semua skenario. Termasuk adu penalti. Bahkan dia menyiapkan latihan khusus untuk tendangan penalti atau bagaimana cara mendapatkan poin atau gol dari "free kick".

"Ya tentu, semua skenario disiapkan. Kami latihan khusus. Bekerja setiap hari di turnamen dan berada dalam situasi tekanan yang keras akan sangat sulit, makanya kami latih. Meskipun nyatanya di lapangan tidak sama dengan latihan," katanya.

Baca Juga: Hasil Drawing Piala Asia U23 2024: Grup Maut, Indonesia Lawan Qatar, Australia dan Yordania



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x