Kompas TV olahraga sepak bola

Piala Dunia U17 2023: Kiper Prancis Ingin Pertahankan Rekor Nirbobol

Kompas.tv - 27 November 2023, 17:29 WIB
piala-dunia-u17-2023-kiper-prancis-ingin-pertahankan-rekor-nirbobol
Kiper Timnas Prancis U17, Paul Argney, saat tampil di Piala Dunia U17 FIFA Indonesia 2023. (Sumber: Humas Piala Dunia U17 FIFA Indonesia 2023)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Edy A. Putra

SOLO, KOMPAS.TV - Catatan sempurna di sektor pertahanan Timnas Prancis U17 di sepanjang Piala Dunia U17 FIFA Indonesia 2023 tak lepas dari peran sang kiper, Paul Argney. 

Kiper muda itu sukses mengukir rekor mentereng di kejuaraan ini. Sejak awal pertandingan di Grup E hingga babak perempat final, ia belum pernah kebobolan. 

Dari lima laga yang dihadapi The Little Blues, kiper berusia 17 tahun itu bermain empat kali. Adapun satu laga lainnya dipercayakan kepada rekannya, Mathys Niflore.

Salah satu aksinya yang paling penting tersaji pada fase 16 besar. Setelah berhasil menjaga gawangnya tetap bersih dari kebobolan, kiper asal klub Le Havre B itu membantu Prancis memenangi adu penalti melawan Senegal.

Catatan empat pertandingan nirbobol itu menjadi bekal penting bagi pemain kelahiran Granville, Prancis, tersebut dalam menatap laga krusial melawan Mali di semifinal.

Sebab, tim lawan punya banyak pemain produktif yang berpotensi mengancam gawangnya.

Baca Juga: Unik, Wartawan Peliput Gelaran Piala Dunia U17 di Surabaya Dapat Pijat Gratis!

"Rasanya tentu luar biasa bisa menjaga gawang ini tetap bersih dari kebobolan di kejuaraan level paling tinggi seperti Piala Dunia U17 2023," kata Argney, dikutip dari siaran pers yang diterima Kompas.tv, Senin (27/11/2023) sore.

"Ini juga bisa diraih karena kerja keras semua pemain. Saya berharap bisa melanjutkan catatan positif ini. Semoga saya bisa kembali membantu tim dan berusaha tetap mengukir clean sheet," ujarnya lebih lanjut.

Argney menuturkan dirinya banyak belajar dari sejumlah kiper terbaik di antaranya Manuel Neuer dan Mike Maignan. 

"Di Prancis, salah satu penjaga gawang yang menjadi inspirator saya ialah Mike Maignan. Dia saat ini menjadi kiper utama Timnas Prancis di level senior," ujar kiper yang mengantarkan Prancis ke final Euro U17 2023 itu.

"Saya melihat banyak aksi-aksinya di atas lapangan. Selain itu, saya juga sangat kagum dengan kemampuan memainkan bola dari Ederson (kiper asal Brasil). Tentu saja Manuel Neuer. Dia adalah kiper yang sangat komplet," kata dia melanjutkan.

Catatan nirbobol yang diukir Argney sudah bermula sejak dua pertandingan Grup E, yakni saat menang atas Burkina Faso (3-0) dan Amerika Serikat (3-0). 

Setelah itu, Argney kembali mengukir dua clean sheet saat menghadapi Senegal (0-0) di babak 16 besar dan menumbangkan Uzbekistan (1-0) di fase perempat final. 

Baca Juga: Begini Pengakuan Penjual Tiket Palsu Piala Dunia U-17 di Solo


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x