Kompas TV olahraga sepak bola

Final Piala Dunia U17 2023: Tekad Jerman Catatkan Sejarah di Indonesia

Kompas.tv - 2 Desember 2023, 00:50 WIB
final-piala-dunia-u17-2023-tekad-jerman-catatkan-sejarah-di-indonesia
Timnas Jerman U17 bertekad mencatatkan sejarah di Indonesia dengan menjadi juara Piala Dunia U17 2023. (Sumber: LOC WCU17/NFL)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Gading Persada

SOLO, KOMPAS.TV - Timnas Jerman U17 bertekad mencetak sejarah dengan menjadi juara Piala Dunia U17 2023 untuk mengawinkan dengan gelar Piala Eropa U17.

Seperti yang diketahui, Jerman U17 akan menghadapi Timnas Prancis U17 di laga final Piala Dunia U17 2023 yang berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (2/12/2023) malam nanti pukul 19.00 WIB.

Pelatih Timnas Jerman U17 Christian Wueck menyebut partai final ini memang memiliki keunikannya tersendiri. 

Selain karena kedua tim sama-sama berasal dari Eropa, Jerman dan Prancis sebelumnya juga berjumpa pada final Piala Eropa U17 2023 yang berlangsung pada Juni 2023 di Hungaria.

Saat itu, Jerman keluar sebagai juara setelah memenangkan pertandingan melalui drama adu penalti.

“Ini menjadi pengalaman yang sangat menarik bagi kami. Sebab, kami bisa bermain kembali melawan Prancis setelah menghadapi mereka dalam beberapa bulan sebelumnya,” kata Wueck dalam sesi konferensi pers jelang pertandingan, Jumat (1/12).

“Selain itu, akan ada dua tim asal Eropa yang hadir di partai final Piala Dunia U17 2023 di Indonesia. Hal ini memang tak diduga sebelumnya. Ini menjadi permainan tingkat tinggi di turnamen ini,” ujarnya.

Juru taktik berusia 50 tahun itu menyadari pertemuan kali ini bakal berlangsung lebih ketat mengingat Prancis tentu memiliki semangat lebih untuk membalaskan kekalahannya.

Baca Juga: Jelang Final Piala Dunia U17 2023 Jerman vs Prancis, Ini Daftar Juara Sejak 1985

Selain itu, Wueck juga menegaskan kesiapan Jerman untuk meraih gelar pertamanya di Piala Dunia U17. 

Jika mampu mewujudkannya, Die Mannscahft juga akan mencetak sejarah menjadi negara Eropa pertama yang mampu mengawinkan gelar Piala Eropa U17 dan Piala Dunia U17. 

“Kami sudah berhasil mencapai tahap terakhir di turnamen ini. Oleh karena itu, kami ingin memenangkan kejuaraan ini. Hal yang sama pasti juga diinginkan Prancis pada laga final ini. Kami berdua sudah pernah berjumpa di final, dan kini kembali berjumpa laga di final,” terangnya.

“Tentu saja kami ingin memenangkan turnamen ini agar bisa tercatat dalam sejarah. Itu yang bakal menjadi ambisi kami. Kami tahu kami bisa melakukannya. Sekarang kami harus menantikan apa saja yang akan terjadi,” ucap Wueck.

Sementara itu, pemain andalan Timnas Jerman U17, Noah Darvich, ia dan rekan-rekannya  sudah tak sabar untuk segera menghadapi Prancis di partai final. 

Meski begitu, pemain Barcelona B itu mengaku tidak ada tekanan dan akan mencoba tampil rileks untuk menatap partai krusial ini.

“Saya sangat gembira karena kami bisa hadir di sini. Kami sangat menantikan pertandingan final besok (malam ini). Saya bisa memastikan bahwa para pemain sangat senang semua dan sudah tidak sabar untuk menghadapi laga besok (malam ini),” kata Darvich.

“Aktivitas kami normal-normal saja. Kami tidak ada kegiatan khusus untuk menghadapi partai final ini. Para pemain dalam kondisi yang rileks dan menikmati waktu kami. Begitulah cara kami untuk menghadapi pertandingan besok (malam nanti),” ujarnya.

Baca Juga: Demi Dukung Pengembangan Pemain Muda, Piala Dunia U17 Digelar Tiap Tahun Mulai 2025


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x