Kompas TV olahraga sepak bola

DPR RI Setujui Proses Naturalisasi Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On, Langsung Gabung Timnas Indonesia?

Kompas.tv - 4 Desember 2023, 23:00 WIB
dpr-ri-setujui-proses-naturalisasi-jay-idzes-dan-nathan-tjoe-a-on-langsung-gabung-timnas-indonesia
Jay Idzes akan melakukan naturalisasi untuk memperkuat timnas Indonesia di sejumlah ajang senior. (Sumber: PSSI)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Komisi X dan III DPR RI menyetujui untuk merekomendasi kewarganegaraan kepada dua calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia, Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On. 

Dengan keputusan ini, Jay dan Nathan selangkah lagi dapat membela Timnas Indonesia. 

Hasil itu didapat setelah Komisi X mengadakan rapat kerja dengan Menpora Ario Bimo Nandito Ariotedjo atau biasa disapa Dito Ariotedjo.

Rapat kerja yang berlangsung di Gedung DPR RI, Senayan, Senin (4/12/2023) itu juga dihadiri Sekjen PSSI Yunus Nusi beserta anggota Komite Eksekutif PSSI Ahmad Riyadh dan Sumardji.

"Komisi X DPR RI memutuskan menyetujui rekomendasi Kewarganegaraan RI atas nama Jay Noah Idzes dan Nathan Noel Romejo Tjoe-A-On dengan catatan bahwa penetapan Kewarganegaraan RI ditetapkan oleh instansi yang berwenang berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku," kata pemimpin sidang Hetifah Sjaifudian dikutip dari laman resmi PSSI, Senin (4/12/2023).

Baca Juga: Bek Tangguh Venezia Jay Idzes Segera Gabung Timnas Indonesia, Bukti Keseriusan Erick Thohir?

"Komisi X DPR RI mendorong Pemerintah dan PSSI agar memperhatikan seluruh catatan dan rekomendasi yang disampaikan oleh pimpinan dan anggota Komisi X DPR RI pada rapat kerja hari ini sebagai langkah untuk membangun prestasi olahraga, khususnya persepakbolaan nasional," imbuh Hetifah.

Meskipun telah menyetujui rekomendasi pindah kewarganegaraan untuk Jay dan Nathan, Komisi X dan III DPR RI memberi catatan kepada PSSI untuk merancang dengan baik pembinaan pemain muda. 

Baca Juga: Jokowi Sebut Indonesia Siap Ajukan Diri Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20 2025

Sekilas tentang Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On

Untuk diketahui, Jay Idzes merupakan bek tengah berusia 23 tahun yang saat ini membela klub Serie B, Venezia. Jay lahir di Belanda dan memiliki darah Indonesia dari orang tuanya 

Sementara Nathan Tjoe-A-On merupakan bek versatile atau serbisa yang tengah mentas dari akademi klub Eredivisie Belanda, Excelsior. 

Pada bursa transfer musim panas tahun lalu, Nathan hengkang ke klub Championship Inggris, Swansea City.


 



Sumber : Kompas TV/PSSI



BERITA LAINNYA



Close Ads x