Kompas TV olahraga sepak bola

Indonesia vs Vietnam, Shin Tae-yong: Para Pemain Punya Kemauan Menang yang Kuat

Kompas.tv - 19 Januari 2024, 12:55 WIB
indonesia-vs-vietnam-shin-tae-yong-para-pemain-punya-kemauan-menang-yang-kuat
Shin Tae-yong yakin permainan Timnas Indonesia bakal semakin bagus dengan seiring berjalannya waktu. (Sumber: PSSI)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Desy Afrianti

DOHA, KOMPAS.TV - Juru taktik Timnas Indonesia Shin Tae-yong menyebut para pemain Merah Putih punya kemauan yang kuat untuk memenangi laga matchday 2 Grup D Piala Asia 2023 kontra Vietnam. 

Bentrok Indonesia vs Vietnam ini sendiri bakal berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar pada Jumat (19/1/2024) pukul 21.30 WIB. 

Selama menukangi Timnas Indonesia, Shin punya catatan buruk saat berhadapan dengan Vietnam. 

Dari empat kesempatan, pelatih asal Korea Selatan itu belum sekali pun memberikan kemenangan untuk Indonesia; 2 kalah dan 2 kali imbang kontra Vietnam. 

Baca Juga: Piala Asia 2023: Indonesia vs Vietnam Malam Ini, STY Janji Tak Mainkan Gaya Serangan Balik Kuno

Kemenangan di laga ini akan menjaga kans Indonesia lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023. 

"Bagi Indonesia dan Vietnam, kami telah saling berduel untuk waktu yang lama, tidak hanya di Piala Asia tetapi juga di Kualifikasi Piala Dunia," kata Shin Tae-yong, Kamis (18/1/2024) dikutip dari laman resmi AFC

"Kami (Indonesia dan Vietnam) sama-sama kalah dalam laga pertama, jadi pertandingan ini sangat penting bagi kedua kesebelasan dan keduanya akan mengincar kemenangan," ujarnya. 

Di atas kertas, Indonesia memang tidak diunggulkan. Vietnam menempati ranking 94 FIFA, sedangkan Indonesia bertengger di peringkat 146. 

Baca Juga: Timnas Indonesia vs Vietnam: Rekor Head to Head Unggulkan Siapa?

Bahkan Indonesia sudah lama tidak pernah mengalahkan Vietnam. Terakhir Garuda mengalahkan The Golden Star Warriors terjadi pada semifinal leg 1 Piala AFF 2016, tepatnya pada 3 Desember 2016 silam.

Walau demikian, Shin Tae-yong enggan melihat rekor buruk tersebut sebagai acuan bagaimana hasil pertandingan kali ini akan berakhir. 

Eks pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu merasa para pemain Timnas Indonesia punya kemauan kuat untuk mengalahkan Vietnam. 

"Terlepas dari hasil apapun di masa lalu, apa yang sudah terjadi ya sudah terjadi," kata Shin Tae-yong.

Baca Juga: Pelatih Vietnam Ungkap Kekuatan Timnas Indonesia yang Patut Diwaspadai: Laga Ini Bak Final

"Saya yakin pada pertandingan besok, kami akan lebih baik dari sebelumnya dan kami akan menunjukkan performa yang lebih baik dari sebelumnya."

"Merupakan sebuah kehormatan untuk berpartisipasi dalam kompetisi ini, sehingga para pemain akan memiliki keinginan yang kuat untuk menang melawan Vietnam," ujarnya. 




Sumber : Kompas TV/AFC


BERITA LAINNYA



Close Ads x