Kompas TV olahraga sepak bola

Shin Tae-yong: Timnas Indonesia Masih Belajar dan Butuh Banyak Pengalaman

Kompas.tv - 25 Januari 2024, 14:53 WIB
shin-tae-yong-timnas-indonesia-masih-belajar-dan-butuh-banyak-pengalaman
Pemain Timnas Indonesia, Rizky Ridho Ramadhani, menahan bola yang dilepaskan pemain Timnas Jepang, Takefusa Kubo, dalam laga grup D Piala Asia 2023 antara Indonesia dan Jepang di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, Rabu, 24 Januari 2024. (Sumber: AP Photo/Thanassis Stavrakis)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Desy Afrianti

DOHA, KOMPAS.TV - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menganggap skuad Garuda masih dalam tahap belajar dan perlu lebih banyak pengalaman untuk berkembang. 

Komentar tersebut dilontarkan Shin usai laga pamungkas Grup D Piala Asia 2023 kontra Jepang di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, Rabu (24/1/2024) malam WIB. 

Dalam laga tersebut, Timnas Indonesia kalah dengan skor 1-3. 

Selama 90 menit lebih pertandingan berlangsung, Indonesia hanya membuat tiga peluang, berbanding 14 shots yang diciptakan Jepang. Pun, Garuda hanya memiliki persentase penguasaan bola sebesar 28,8 persen. 

"Mereka masih belajar dan butuh banyak pengalaman. Kami harus perbaiki kekurangannya dan berkembang lagi," ungkap Shin, Rabu (24/1/2024) dikutip dari Antara. 

Baca Juga: Timnas Indonesia Terjepit ke 16 Besar Piala Asia 2023, Shin Tae-Yong Masih Harapkan Keajaiban

"Dari sisi serangan tim Jepang punya striker yang bagus. Mereka bisa melakukannya dengan baik. Meski sudah menguasai bola, mereka bisa merebut dan melakukan serangan yang presisi," kata pelatih asal Korea Selatan itu. 

Lewat kekalahan ini, Indonesia mengakhiri petualangan di fase grup dengan raihan 3 poin, kebobolan 6 kali, mencetak 3 gol, dan membuat 1 clean sheet. 

Ini merupakan pertama kalinya Timnas Indonesia selalu mencetak gol di seluruh pertandingan fase grup Piala Asia. 

Selain itu, Indonesia merupakan satu-satunya tim di Grup D (Irak, Jepang, dan Vietnam) yang sukses membuat clean sheet. Bahkan, Indonesia merupakan tim dengan rata-rata usia paling muda di antara 23 kontestan Piala Asia 2023 lainnya.

Kekalahan dari Jepang juga belum membuat Indonesia tersingkir dari kompetisi. Pasalnya, Garuda bisa saja lolos ke 16 besar sebagai salah satu dari empat tim peringkat 3 terbaik. 

Baca Juga: Timnas Indonesia Masih Bisa Lolos ke 16 Besar Piala Asia 2023, Ini Syaratnya

Shin Tae-yong memutuskan untuk fokus mengistirahatkan skuadnya sembari menunggu hasil-hasil laga lain yang menentukan nasib kelolosan Timnas Indonesia ke 16 besar. 

"Lolos atau tidak, normalnya memang dilakukan pemulihan," papar Shin Tae-yong.

"Jadi besok akan istirahat. Tentu segalanya bisa terjadi, saya tidak bisa mengatakan apapun untuk besok seperti apa. Saya enggan berkomentar," ucapnya.

 



Sumber : Kompas TV/Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x