Kompas TV olahraga sepak bola

PSSI dan LIB Uji Coba VAR, Siap Diterapkan di Liga 1 Mei Mendatang

Kompas.tv - 17 Februari 2024, 19:21 WIB
pssi-dan-lib-uji-coba-var-siap-diterapkan-di-liga-1-mei-mendatang
PSSI akan mencari sponsor guna pengadaan teknologi VAR (video assistant referee) di Liga 1 tahun depan. (Sumber: AP Photos)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) selaku operator BRI Liga 1 dan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) melakukan uji coba penerapan Video Assistent Referee (VAR) tahap ketiga di Lapangan JSI, Resort, Megamendung, Bogor, Sabtu (17/2/2024).

Melansir laporan Antara, Wakil Ketua Umum PSSI Ratu Tisha menyatakan VAR sudah bisa diaplikasikan selama BRI Liga 1 2023/2024 seri championship pada 4-26 Mei.

Ratu Tisha memaparkan, penerapan VAR saat ini masih harus melewati beberapa tahap. Salah satunya tahap persetujuan dan penilaian akhir wasit dan asisten wasit VAR yang diberikan oleh FIFA.

Baca Juga: Ranking FIFA Timnas Indonesia Naik, Erick Thohir Ingin Cepat Masuk 100 Besar

"Untuk bertugas masih akan menunggu persetujuan dari FIFA sebagai penilaian terakhir, untuk mereka (wasit) kemudian melakukan pertandingan uji coba," kata Ratu Tisha, Sabtu (17/2), dikutip dari Antara. 

"Rencananya, FIFA akan hadir di sini antara tanggal 1 dan tanggal 8 Maret untuk melihat latihan terakhir kesiapan di batch 1 (wasit) ini," kata Ratu Tisha.

Dalam uji coba ini, wasit dan asisten wasit melakukan simulasi operator tayang ulang, yang dipakai sebagai bahan pertimbangan dalam keputusan-keputusan penting.

Hal itu mencakup pengambilan keputusan gol valid atau tidak valid, pengecekan penalti atau tidak penalti, kemungkinan pelanggaran yang berujung kartu kuning atau kartu merah, dan kesalahan pengenalan oleh wasit utama atau hakim garis.

Baca Juga: Klasemen Liga 1 2023-24, Daftar Top Skor, dan Jadwal Pekan ke-25

"Intinya hari ini, kalau kita lihat, mulai dari alat peraga. Alat peraga yang didemonstrasikan atau yang kita gunakan sekarang ini, mulai dari simulator, kemudian semua peralatan yang ada," kata Direktur Utama PT LIB Ferry Paulus, Sabtu (17/2) dikutip dari Antara.

"Ini persis seperti yang kita beli yang juga digunakan oleh Piala Dunia U-17 kemarin (2023)," sambung Ferry.


 

 



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x