Kompas TV olahraga sports

Atlet Senam Rifda Irfanaluthfi Lolos Olimpiade 2024, PB Persani Bentuk Tim Pendukung

Kompas.tv - 24 Februari 2024, 06:00 WIB
atlet-senam-rifda-irfanaluthfi-lolos-olimpiade-2024-pb-persani-bentuk-tim-pendukung
Pesenam putri Indonesia Rifda Irfanaluthfi akan berlaga di Olimpiade Paris 2024. (Sumber: Koni.or.id)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pengurus Besar Persatuan Senam Indonesia (PB Persani) telah membentuk sebuah tim pendukung untuk menunjang persiapan pesenam putri Indonesia, Rifda Irfanaluthfi menuju Olimpiade Paris 2024.

Menurut Sekjen PB Persani, Sri Sundari Kencana Ayu, tim pendukung ini memiliki berbagai tugas penting.

"Tim pendukung yang dibentuk menjalankan sejumlah tugas seperti menganalisa performa latihan, memperhatikan nutrisi makanan atau suplemen, hingga terapi," kata Sri Sundari, Jumat (23/2/2024) dikutip dari Antara. 

Tim ini terdiri dari dokter olahraga, dokter nutrisi, analis performa, fisioterapis, dan administrator. Mereka bertugas mengawasi latihan harian Rifda di Gedung Olahraga Senam Raden Inten dan Grafila.

Baca Juga: Jelang Olimpiade Paris 2024, PBSI Tunjuk Ricky Soebagdja Sebagai Kabid Binpres

Tujuan utama tim ini adalah untuk memastikan bahwa kondisi fisik dan mental Rifda siap untuk tampil secara maksimal di Olimpiade Paris 2024.

Mereka melakukan berbagai tugas, seperti menganalisis performa latihan Rifda, membandingkan nilai yang dicapai dengan atlet lain atau pesaing sekelas, dan memastikan kebutuhan nutrisi Rifda terpenuhi untuk mencapai nilai maksimal.

Tim juga memantau suplemen yang diberikan kepada Rifda, yang ditangani langsung oleh dokter, untuk mencegah potensi doping.

Selain itu, mereka memantau latihan yang dijadwalkan dan kondisi fisik Rifda, memberikan penguatan jika ditemukan kekurangan kekuatan di bagian tubuh tertentu.

Sri Sundari menambahkan bahwa tim ini bekerja dengan sangat efektif dan ketat dalam mengawal latihan Rifda.

Baca Juga: Menpora Targetkan Bulu Tangkis Sumbang Emas di Olimpiade Paris 2024

Diharapkan, dengan dukungan tim ini, Rifda, pesenam 23 tahun asal DKI Jakarta itu dapat memberikan penampilan terbaiknya di Olimpiade Paris 2024.

"Setiap pekan tim melakukan evaluasi sehingga jika ada aspek yang kurang langsung dibenahi dalam latihan selanjutnya," imbuh Sri Sundari.


 

Rifda Irfanaluthfi adalah satu-satunya atlet Indonesia dari cabang olahraga senam yang telah dipastikan lolos ke Olimpiade Paris 2024 setelah penampilannya di World Artistic Gymnastic Championships 2023 di Antwerp, Belgia pada Oktober 2023.



Sumber : Kompas TV/Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x