Kompas TV olahraga sepak bola

Mantan Pelatih PSIS Semarang Edy Paryono Meninggal Dunia, Berikut Deretan Prestasinya

Kompas.tv - 26 Februari 2024, 18:27 WIB
mantan-pelatih-psis-semarang-edy-paryono-meninggal-dunia-berikut-deretan-prestasinya
Edy Prayono, mantan pelatih PSIS Semarang meninggal dunia. (Sumber: PSIS Semarang)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Edy Prayono, mantan pelatih PSIS Semarang meninggal dunia.

Kabar duka tersebut tersebar luas setelah akun resmi PSIS Semarang membagikan informasi itu melalui media sosialnya pada Senin (26/2/2024).

"Keluarga besar PSIS Semarang berbelasungkawa atas berpulangnya Edy Paryono, mantan pelatih yang bawa PSIS meraih juara di tahun 1999," tulis akun Instagram PSIS Semarang.

Edy Prayono, sosok yang memiliki kontribusi besar dalam sejarah PSIS Semarang, pernah memimpin tim tersebut meraih gelar juara Liga Indonesia pada tahun 1999.

Prestasi gemilang ini tetap dikenang sebagai salah satu momen paling bersejarah bagi PSIS Semarang dan para pendukungnya.

Dalam laga final yang mempertemukan PSIS Semarang dengan Persebaya Surabaya, Edy Prayono berhasil membawa timnya meraih kemenangan dengan skor tipis 1-0, menambah kilas balik manis bagi para pencinta sepakbola Tanah Air.

Sementara itu, sepanjang perjalanan karier kepelatihannya, Edy Prayono telah meninggalkan jejak yang tak terlupakan bagi sepak bola Indonesia.

Baca Juga: PSSI Tunjuk Pelatih Jepang Satoru Mochizuki untuk Timnas Putri Indonesia

Deretan prestasi Edy Paryono:

Edy Paryono, dalam masa kepemimpinannya sebagai pelatih PSIS Semarang, berhasil membawa Mahesa Jenar meraih gelar juara Liga Indonesia pada musim 1998-1999, mengukuhkan posisi PSIS Semarang di puncak prestasi sepak bola nasional.

Namun, performa PSIS Semarang pada musim berikutnya, yakni 1999-2000, mengalami penurunan drastis yang menyebabkan mereka terdegradasi ke Divisi 1.

Meskipun demikian, Edy Paryono tidak berkecil hati dan segera mengambil langkah cepat untuk memulihkan kondisi tim.

Dengan kebijakan dan kerja kerasnya, Edy Paryono berhasil mengangkat kembali penampilan PSIS Semarang sehingga tim tersebut berhasil promosi kembali ke Divisi Utama dalam waktu singkat.

Bahkan, keberhasilan tak berhenti sampai di situ, karena PSIS Semarang juga sukses meraih gelar juara Divisi 1 pada musim 2000-2001.

Selama perjalanan karier kepelatihannya, Edy Paryono juga menorehkan sejumlah prestasi gemilang di berbagai klub papan atas Tanah Air.

Selain menekuni dunia klub, Edy Paryono juga memiliki pengalaman sebagai asisten pelatih Timnas Indonesia pada masa kepelatihan Peter White dan Ivan Kolev, menambah nilai dan pengakuan atas dedikasinya dalam memajukan sepak bola Tanah Air secara keseluruhan.

Karier Kepelatihan Edy Paryono

  • Persitema Temanggung Persitema (2018)
  • Kalteng Putra (2014-2017)
  • PSIS Semarang (Direktur Teknik 2012-2014)
  • PSIS Semarang Pelatih (2011-2012)
  • Semarang United (2011)
  • Persikaba Blora (2010)
  • Persik Kediri (2009)
  • PSIS Semarang (2008)
  • Persipur Purwodadi (2006-2007)
  • PSIM Yogyakarta (2005-2006)

Baca Juga: PSSI Upayakan Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen Bisa Bela Timnas Indonesia saat Lawan Vietnam



Sumber : Kompas TV, Tribun News



BERITA LAINNYA



Close Ads x