Kompas TV olahraga sepak bola

Eks Pemain AC Milan Robinho Bakal Jalani Hukuman Penjara 9 Tahun dalam Kasus Pemerkosaan

Kompas.tv - 21 Maret 2024, 18:10 WIB
eks-pemain-ac-milan-robinho-bakal-jalani-hukuman-penjara-9-tahun-dalam-kasus-pemerkosaan
Mantan bintang AC Milan dan Timnas Brasil, Robinho, divonis 9 tahun penjara dalam kasus pemerkosaan. (Sumber: Twitter @Soccer_Laduma)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mantan pemain AC Milan, Robinho, akan menjalani hukuman penjara sembilan tahun di Brasil, setelah divonis bersalah dalam kasus pemerkosaan. 

Robinho yang kini berusia 40 tahun, telah dijatuhi hukuman penjara sembilan tahun oleh pengadilan di Italia pada 2017.

Hukuman tersebut dijatuhkan atas keterlibatannya dalam pemerkosaan di sebuah klub malam di Milan Italia, pada 2013 lalu bersama beberapa pelaku lainnya.

Meskipun telah dijatuhi hukuman tersebut, Robinho kembali ke Brasil dan belum menjalani hukumannya.

Baca Juga: Cyrus Margono Resmi Jadi WNI, Optimistis Tembus Skuad Timnas Indonesia

Sebagai informasi, Brasil tidak mengekstradisi warga negaranya, sehingga pengadilan Italia meminta agar Robinho menjalani hukumannya di negaranya sendiri.

Dilansir SkySport, vonis hukuman terhadap Robinho disetujui oleh para hakim di Pengadilan Tinggi Brasil dengan suara 9-2.

Pengacara Robinho, Jos Eduardo Alckmin, mengatakan kepada pengadilan bahwa kliennya menginginkan pengadilan ulang di Brasil dengan alasan kedaulatan nasional.

Francisco Falco, hakim pertama yang memberikan suara, mengatakan Robinho harus menjalani hukumannya di Brasil.

Baca Juga: Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia vs Vietnam: Shin Tae-yong Andalkan Formasi di Piala Asia

Ia menambahkan, mantan pesepak bola tersebut tidak bisa lolos dari hukuman dan gesekan diplomatik antara Brasil dan Italia dapat muncul jika hukumannya tidak dijalani.

"Tidak ada halangan untuk mengesahkan eksekusi hukumannya. Hal itu telah dikonfirmasi oleh pengadilan di Milan, yang merupakan otoritas yang berwenang dalam kasus ini," kata Falco, seperti dilansir SkySport, Kamis (21/3/2024). 

"Hukumannya sudah final. Terdakwa tidak diadili tanpa kehadirannya di Italia, ia memiliki perwakilan."

Selama kariernya sebagai pemain, Robinho telah meraih dua gelar La Liga Spanyol bersama Real Madrid sebelum bergabung dengan Manchester City pada 2008. 

Setelah itu, Robinho pindah ke Italia dan bergabung dengan AC Milan selama lima musim. Dia kemudian hengkang ke klub China, Guangzhou Evergrande, sebelum pulang ke Brasil dan bermain untuk Atletico Mineiro.


 



Sumber : Kompas TV/SkySport


BERITA LAINNYA



Close Ads x