Kompas TV olahraga sepak bola

Soal Kontrak Baru di Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Beri Jawaban Begini

Kompas.tv - 27 Maret 2024, 19:19 WIB
soal-kontrak-baru-di-timnas-indonesia-shin-tae-yong-beri-jawaban-begini
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memperhatikan timnya kalah dari Australia 0-4 di Stadion Jassim Bin Hamad, Minggu (28/1/2024), pada babak 16 besar Piala Asia 2023. (Sumber: PSSI)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengatakan bahwa belum ada keputusan mengenai kontraknya dengan PSSI.

Seperti yang diketahui, kontrak Shin Tae-yong di Timnas Indonesia sebenarnya sudah berakhir pada Desember 2023 lalu.

Namun karena tim senior dan tim U23 berhasil lolos ke Piala Asia, maka kontrak pelatih asal Korea Selatan itu diperpanjang hingga Juni 2024.

Pada Piala Asia 2023 Qatar bulan Januari lalu, Shin Tae-yong berhasil membawa Timnas Indonesia lolos ke babak knock-out sebelum tersingkir oleh Australia.

Sementara di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, STY sukses membawa Tim Garuda meraih dua kemenangan dari Vietnam di bulan Maret ini.

Hasil tersebut membuat Timnas Indonesia berpeluang besar lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 sekaligus lolos ke Piala Asia 2027.

Timnas Indonesia masih menyisakan dua pertandingan melawan Irak dan Filipina di Jakarta bulan Juni mendatang sebelum memastikan kelolosan.

Baca Juga: Shin Tae-yong Komentari Pemecatan Pelatih Vietnam Philippe Troussier

Dengan performa bagus Timnas Indonesia sejauh ini, publik sepak bola Tanah Air pun berharap kontrak Shin Tae-yong diperpanjang oleh PSSI.

Terkait hal tersebut, pelatih berusia 53 tahun itu mengaku belum ada keputusan yang diambil dengan PSSI terkait kontraknya di Timnas Indonesia.

"Untuk itu (kontrak baru), belum ada keputusan sama sekali," kata Shin Tae-yong saat ditemui awak media di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Rabu (27/3/2024), dikutip dari BolaSport.

Sebelum fokus bersama tim senior bulan Januari mendatang, Shin Tae-yong mempunyai tugas untuk memimpin tim U23 di ajang Piala Asia U23 2024. Indonesia tergabung di Grup A bersama tuan rumah Qatar, Australia, dan Jordania.

Pada laga perdana Grup A Piala Asia U23 2024, Timnas U23 Indonesia berjumpa Qatar, Jumat (15/3/2024), dilanjutkan melawan Australia, Selasa (18/3/2024) dan terakhir pertandingan kontra Jordania tiga hari berselang. 


Sebagai informasi, Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengatakan Piala Asia U23 menjadi salah satu turnamen evaluasi keberlanjutan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia.

Jika mampu membawa Garuda Muda lolos ke perempat final, maka Shin Tae-yong kemungkinan besar akan diperpanjang kontraknya. 

Baca Juga: Update Ranking FIFA Timnas Indonesia: Garuda Melesat usai Kalahkan Vietnam Lagi

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x