Kompas TV olahraga sepak bola

Piala Asia U23: Shin Tae-yong Tak Usung Misi Khusus dalam Laga Indonesia vs Negaranya di 8 Besar

Kompas.tv - 24 April 2024, 10:25 WIB
piala-asia-u23-shin-tae-yong-tak-usung-misi-khusus-dalam-laga-indonesia-vs-negaranya-di-8-besar
Pelatih Timnas U23 Indonesia, Shin Tae-yong, menghadiri konferensi pers pra pertandingan perdana Piala Asia U23 2024 melawan Qatar. (Sumber: PSSI)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Edy A. Putra

DOHA, KOMPAS.TV - Pelatih Timnas U23 Indonesia, Shin Tae-yong, mengaku tidak mengusung misi khusus saat anak asuhnya berhadapan dengan Korea Selatan, negara kelahirannya, pada perempat final Piala Asia U23 2024 pada Jumat (26/4/2024) dini hari WIB.

Mantan pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu mengaku sudah melewati masa kelam di negaranya usai kegagalan di Rusia.

Baca Juga: Jadwal Perempat Final Piala Asia U-23 2024, Timnas Incar Peluang Tiket Olimpiade Paris

Shin dan penggawa timnas Korsel pernah dilempari bantal dan telur setibanya di Korea usai keok di Piala Dunia 2018.

"Soal (dilempar telur) itu tidak jadi motivasi. Itu hanya sebuah proses dan tidak menjadi motivasi apa pun. Sama sekali tidak menyesal juga, karena apa pun tugas yang saya dapat, saya pasti akan bekerja semaksimal mungkin," ujar Shin, seperti dilansir Antara, Rabu (24/4/2024).

Baca Juga: Inter Milan Rengkuh Scudetto, Ini Daftar Juara Serie A Sejak 2004

Shin menilai timnya kali ini memiliki keuntungan dari segi kebugaran fisik karena mendapat waktu istirahat lebih lama satu hari dibanding Korea Selatan.

Hal itu diharapkan dapat memberi nilai tambah bagi anak asuhnya yang akan melawan negaranya.

Baca Juga: Pelatih Timnas Yordania U-23 Bongkar Strategi Shin Tae-yong: Taktik Transisi Formasi Cepat

Shin mengaku sebenarnya lebih berharap bisa bertemu Jepang di perempat final dan kemudian menghadapi Korea di babak berikutnya.

Namun, Korsel justru menjadi juara Grup B setelah mengalahkan Jepang pada laga pemungkas.

"Jujur ingin bertemu Jepang agar bisa melawan Korea di final, supaya bisa lolos bersama ke Olimpiade dan bersenang-senang. Tapi pertandingan tak bisa diatur sekehendak kita. Jadi kami akan bekerja keras menyiapkan laga kontra Korea nanti," tutur Shin.

Baca Juga: Timnas Irak Lolos 8 Besar, Cek Daftar Lengkap Tim Perempat Final Piala Asia U-23 2024

Timnas U23 Indonesia menciptakan sejarah dengan melangkah ke perempat final Piala Asia U23 2024. Inilah untuk pertama kalinya Indonesia tampil di ajang tersebut. Terlebih, turnamen ini sekaligus menjadi kualifikasi untuk Olimpiade Paris 2024.

Tiga tim teratas akan lolos langsung ke Olimpiade Paris, sedangkan peringkat keempat akan menghadapi Guinea, wakil Afrika, pada laga playoff 9 Mei nanti untuk memperebutkan satu tiket tersisa.

Korea selatan akan melawan Indonesia di Stadion Abdullah bin Khalifa pada Jumat dini hari WIB pukul 00.30.


 



Sumber : Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x