Kompas TV olahraga sepak bola

Disebut Sinis Terhadap Prestasi Timnas Indonesia Era STY, Begini Jawaban Bung Towel

Kompas.tv - 25 April 2024, 21:29 WIB
disebut-sinis-terhadap-prestasi-timnas-indonesia-era-sty-begini-jawaban-bung-towel
Tommy Welly atau Bung Towel saat menjadi narasumber di program ROSI Kompas TV, Kamis (25/4/2024). (Sumber: YouTube Kompas TV)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pengamat sepak bola Tommy Welly atau yang akrab disapa Bung Towel memberikan tanggapannya mengenai anggapan yang menyebut dirinya sinis terhadap prestasi Timnas Indonesia di era pelatih Shin Tae-yong.

Seperti yang diketahui, Shin Tae-yong saat ini sedang bersama Timnas U23 Indonesia di ajang Piala Asia U23 2024.

Datang sebagai debutan, Garuda Muda sukses mencatatkan prestasi dengan lolos ke perempat final setelah menjadi runner-up di penyisihan Grup A.

Dalam tiga pertandingan di penyisihan grup itu, Indonesia kalah 0-2 dari Qatar di laga perdana.

Namun mampu bangkit di dua laga selanjutnya dengan menang 1-0 atas Australia dan 4-1 dari Yordania.

Timnas U23 Indonesia pun bakal menghadapi Korea Selatan di perempat final Piala Asia U23 2024.

Meski mencatatkan prestasi bagus, Bung Towel dalam berbagai pernyataannya seringkali tidak terlalu puas dengan penampilan Garuda Muda.

Alhasil, suporter Timnas Indonesia pun menganggap Bung Towel sinis dengan prestasi Garuda di bawah STY dan bahkan dianggap sebagai public enemy.

Baca Juga: Media Korea Soroti Perpanjangan Kontrak Shin Tae-yong, Disebut untuk Motivasi Kalahkan Korea Selatan

Terkait hal tersebut, Bung Towel pun memberikan tanggapannya.

"Jawaban singkatnya terlalu dangkal sih itu. Memosisikan saya sinis, public enemy, apalagi sinis ke timnas. Saya pernah melayani sepak bola kok di federasi, enggak mungkin lah itu. Makanya terlalu dangkal dianggap seperti itu," kata Bung Towel dalam program ROSI Kompas TV, Kamis (25/4/2024) malam.

"Bahwa saya memosisikan melihatnya sebuah gambaran besar, baik itu sudut federasinya, dari sudut timnasnya, dari sudut pelatihnya," ucapnya.

Sementara saat ditanya lagi apakah Timnas U23 Indonesia di bawah Shin Tae-yong ini layak dapat pujian, Bung Towel menjawab, "Layak dapat pujian, tapi secukupnya."

"Supaya kita punya gambaran yang clear, enggak boleh ahistoris. Supaya ini bukan hal tentang STY saja. Bahwa ada dia ada kontribusinya jelas, tetapi sepak bola di balik perjalanan timnas seperti ini itu ada pekerjaan lain," jelasnya.

Timnas U23 Indonesia akan menghadapi Korea Selatan di babak perempat final Piala Asia U23 2024, Kamis malam waktu Qatar atau Jumat (26/4/2024) pukul 00.30 WIB.

Jika mampu mengalahkan Korsel dan melaju ke semifinal, Indonesia berpeluang besar untuk tampil di Olimpiade 2024 Paris.

Baca Juga: Pelatih Korea Selatan U23 Sebut Shin Tae-yong adalah Kekuatan Timnas U23 Indonesia



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x