Kompas TV olahraga sepak bola

Piala Asia U23 2024: Timnas Indonesia Diyakini Bisa Kalahkan Korea Selatan dengan Skor Tipis

Kompas.tv - 25 April 2024, 22:29 WIB
piala-asia-u23-2024-timnas-indonesia-diyakini-bisa-kalahkan-korea-selatan-dengan-skor-tipis
Timnas Indonesia U23 saat mengalahkan Australia 1-0 di Grup A Piala Asia U23 2024. (Sumber: PSSI)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Timnas U23 Indonesia diyakini bisa mengalahkan Korea Selatan dalam pertandingan perempat final Piala Asia U23 2023, Kamis (25/4/2024) malam.

Menurut mantan pemain Timnas Indonesia Peri Sandria dan Cristian Gonzales yang hadir dalam program ROSI Kompas TV, Garuda Muda bisa menang atas Korea Selatan dengan skor 1-0.

Sementara menurut pengamat sepak bola Ronny Pangemanan atau yang akrab disapa Bung Ropan, Korea Selatan memang bukan lawan yang mudah.

Akan tetapi, dengan performa Timnas U23 Indonesia saat ini di bawah era Shin Tae-yong, menurut Bung Ropan, peluang untuk menang itu ada.

"Korea Selatan adalah tim yang kuat, dia belum pernah kemasukan gol di tiga pertandingan, raih 9 poin. Ini tim bagus," kata Bung Ropan.

"Kalau melihat pertandingan di U23 khususnya, head to head, kita enggak pernah menang melawan mereka di tujuh pertandingan terakhir. Namun kalau melihat sekarang dengan performa kita yang makin bagus, saya yakin bisa mendapatkan itu (kemenangan). Tidak ada yang tidak mungkin dalam sepak bola, kan," jelasnya.

Bung Ropan menilai, kunci kemenangan pertandingan Indonesia atas Korea Selatan adalah dua pemain tengah Nathan Tjoe-A-On dan Ivar Jenner. Jika mereka mampu tampil bagus, ia yakin Timnas U23 Indonesia bisa lolos ke semifinal.

Baca Juga: KBRI Doha: 5.000 WNI akan Dukung Timnas U23 Indonesia saat Lawan Korea Selatan

"Untungnya kita punya double pivot yang bagus, Nathan dan Ivar. Itu yang saya pikir menjadi kunci buat kita. Kalau kita tidak punya mereka berdua, kita tidak punya gelandang-gelandang sebagus mereka. Karena dalam sepak bola, kuat di tengah itu bagus. Kita beruntung punya dua pemain ini," ujarnya.

Cara Redam Korea Selatan

Pemain Korea Selatan dikenal memiliki fisik yang bagus dan kecepatan yang mumpuni. Hal tersebut pun wajib diwaspadai para pemain Indonesia.

Berdasarkan pengalamannya, Peri Sandria pun memberikan cara bagaimana agar bisa meredam permainan Korea Selatan.

"Saya melihat, pemain-pemain Korea ini mengandalkan kecepatan dan fisik yang bagus dan pemainnya yang unggul lebih tinggi daripada kita," kata Peri.

"Cara meredamnya mungkin Coach Shin Tae-yong lebih tahu. Kalau saya pribadi pernah bertemu Korea, meredam mereka adalah permainan cepat dengan pressing. Karena permainan cepat dengan pressing, itu tidak mungkin bermain one two passing," tuturnya.

Timnas U23 Indonesia akan menghadapi Korea Selatan di babak perempat final Piala Asia U23 2024, Kamis malam waktu Qatar atau Jumat (26/4/2024) pukul 00.30 WIB.

Jika mampu mengalahkan Korsel dan melaju ke semifinal, Indonesia berpeluang besar untuk tampil di Olimpiade 2024 Paris.

Baca Juga: Link Live Streaming Timnas U23 Indonesia vs Korea Selatan, Kick Off Pukul 00.30 WIB


 

 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x