Kompas TV olahraga sepak bola

Sebelum Turnamen Dimulai, Shin Tae-yong Yakin Anak Asuhnya Lolos Semifinal Piala Asia U23, Kok Bisa?

Kompas.tv - 26 April 2024, 15:30 WIB
sebelum-turnamen-dimulai-shin-tae-yong-yakin-anak-asuhnya-lolos-semifinal-piala-asia-u23-kok-bisa
Pelatih Indonesia U23 Shin Tae-yong memberikan instruksi kepada anak asuhannya pada laga perempat final Piala Asia U23 2024 kontra Korea Selatan, Jumat (26/4/2024) WIB, di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar. (Sumber: AFC via Kompas.id)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

DOHA, KOMPAS.TV - Capaian bersejarah Timnas Indonesia U23 dengan melaju ke babak semifinal Piala Asia U23 2024 di Qatar ternyata telah diprediksi jauh hari oleh pelatih Shin Tae-yong.

Pria asal Korea Selatan itu mengungkapkan bahwa dirinya sudah yakin skuad Garuda Muda akan mencapai babak empat besar bahkan sebelum turnamen dua tahunan tersebut dimulai pada Senin (15/4/2024) lalu.

Shin Tae-yong mengatakan bahwa prestasinya membawa Indonesia  ke semifinal merupakan pencapaian yang selama ini diyakininya.

Baca Juga: Komentar Jokowi usai Timnas Indonesia Lolos ke Semifinal Piala Asia U23 2024: Sangat Bersejarah!

Hal ini dikarenakan pelatih berusia 53 tahun tersebut mengenal betul kemampuan para pemain asuhannya yang telah bersama-sama dengannya sejak Desember 2019, seperti Rizky Ridho, Ernando Ari, Pratama Arhan, hingga Marselino Ferdinan.

"Ernando (Ari), Rizky (Ridho), (Pratama) Arhan - semua pemain ini (dan banyak lagi) sudah bersama saya selama empat tahun," kata Shin dikutip dari situs AFC Asian Cup, Jumat.

“Saya mengenal mereka dengan sangat baik dan satu-satunya hal yang perlu saya berikan kepada mereka adalah motivasi; Jika saya bisa melakukan itu, saya yakin kami bisa mendapatkan hasil bagus," lanjut Shin.

Baca Juga: Netizen Korea Selatan Geram, Sebut Shin Tae-yong Pengkhianat

Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, pada Jumat dini hari WIB, Shin Tae-yong berhasil membawa Timnas Indonesia U23 melaju ke semifinal setelah menyingkirkan negaranya sendiri, Korea Selatan, melalui drama adu penalti dengan skor 11-10.

Sebelumnya, kedua tim bermain imbang 2-2 selama 120 menit.

Baca Juga: Media Korsel Sebut Shin Tae-yong Seperti Meng-KO Pelatih Hwang Sun-hong

Kunci keberhasilan anak asuhnya, menurut Shin Tae-yong, terletak pada kepercayaan diri yang diberikannya kepada para pemain.

Ia meyakinkan anak asuhnya untuk mempercayai dan mengikuti arahannya, sehingga mereka bisa mencapai babak final.

Baca Juga: KSP Konfirmasi Pertemuan Presiden Jokowi dan Prabowo-Gibran di Istana Membahas Transisi Pemerintahan

"Saya mengatakan kepada anak-anak untuk mempercayai saya dan mengikuti saya dan (bersama), kami bisa mencapai final. Saya pikir kepercayaan diri yang saya berikan kepada para pemainlah yang telah membawa kami sejauh ini," tambah Shin.

Indonesia mencetak sejarah dengan lolos ke semifinal Piala Asia U23 untuk pertama kalinya, sebuah pencapaian membanggakan mengingat ini adalah penampilan perdana mereka di turnamen tersebut.

Di bawah kepemimpinan Rizky Ridho, tim ini tidak hanya berhasil menunjukkan kemampuan mereka, tetapi juga menjadi tim pertama yang berhasil menjebol gawang Korea Selatan di edisi tahun ini, mengakhiri rekor konsisten Korea Selatan selalu lolos ke Olimpiade sejak 1984.


 

 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x