Kompas TV olahraga sepak bola

Shin Tae-yong Percaya Diri Antar Timnas U-23 Indonesia ke Olimpiade Paris 2024: Ini Saatnya

Kompas.tv - 29 April 2024, 09:00 WIB
shin-tae-yong-percaya-diri-antar-timnas-u-23-indonesia-ke-olimpiade-paris-2024-ini-saatnya
Pelatih kepala Tim Nasional Indonesia U-23, Shin Tae-yong di hadapan awak media di Doha untuk konferensi pers pra-semifinal Piala Asia U-23. (Sumber: Antara)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Desy Afrianti

DOHA, KOMPAS.TV - Menatap laga semifinal Piala Asia U-23 2024 melawan Uzbekistan, pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, yakin membawa Garuda Muda tampil di Olimpiade Paris mendatang. Momen bersejarah ini menjadi peluang emas bagi Indonesia setelah terakhir kali berlaga di Olimpiade Melbourne 1956, 68 tahun silam.

Shin mengakui ketidaktahuannya mengenai partisipasi Timnas Indonesia di Olimpiade sebelumnya. Namun, ia menegaskan bahwa kali ini merupakan saat yang tepat bagi skuad Merah Putih untuk kembali berlaga di panggung akbar olahraga dunia tersebut.

Baca Juga: Arsenal Menang Tipis di North London Derby, Tottenham Nyaris Mengejar

"Kali ini adalah saatnya bagi Indonesia untuk berpartisipasi di panggung Olimpiade,” kata Shin dikutip dari Antara, Minggu (28/4/2024).

Untuk mewujudkan ambisi ini, Timnas U-23 harus meraih hasil maksimal di Piala Asia U-23 2024 dengan finis di peringkat tiga besar, atau memenangi pertandingan playoff antarkonfedrasi melawan Guinea pada awal Mei mendatang. Upaya ini tentunya tidak akan mudah, mengingat lawan yang dihadapi di semifinal, Uzbekistan, merupakan kekuatan tangguh.

Baca Juga: Hasil Serie A: Doppietta Hakan Calhanoglu Pastikan Kemenangan Inter Milan atas 10 Pemain Torino

“Saya tidak memiliki tekanan, saya hanya menikmati momen ini bersama para pemain. Kali ini saya akan membuat tim Indonesia melaju ke panggung Olimpiade,” kata pria asal Korea Selatan (Korsel) itu.

Shin telah mengamati langsung penampilan Uzbekistan yang menang 2-0 atas Arab Saudi di perempat final. Ia mengakui salah satu kekuatan utama lawan adalah transisi cepat mereka, baik saat menyerang maupun bertahan.

"Saya menyadari mengapa mereka bisa mencetak 12 gol dan tidak kemasukan gol sama sekali. Itu adalah hal krusial. Alasan utama adalah transisi mereka sangat cepat," ujarnya.

Baca Juga: Legenda Everton Tim Cahill Ikut Beri Selamat Timnas Indonesia U23 ke Semifinal Piala Asia U23 2024

Meski demikian, Shin optimistis dapat mempersiapkan kekuatan terbaik skuadnya setelah sebelumnya pernah bermain imbang tanpa gol melawan Uzbekistan di Piala Asia U-20 2023.

Kala itu, Uzbekistan yang berlaga di kandang sendiri berhak melaju, sementara Indonesia tersingkir. Namun, Shin meyakini pengalaman tersebut akan menjadi pelajaran berharga untuk meraih hasil lebih baik kali ini.

Pertandingan semifinal kontra Uzbekistan akan digelar di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, pada pukul 21.00 WIB malam ini.

Baca Juga: Witan Sulaeman Ungkap Resep Ketajaman Timnas Indonesia U23 untuk Hajar Gawang Uzbekistan




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x