Kompas TV olahraga sepak bola

Jangan Patah Arang, Masih Ada Kesempatan Tiket Olimpiade Paris untuk Garuda Muda

Kompas.tv - 30 April 2024, 07:30 WIB
jangan-patah-arang-masih-ada-kesempatan-tiket-olimpiade-paris-untuk-garuda-muda
Tim starter Indonesia dalam laga semifinal Piala Asia U23 2024 melawan Uzbekistan di Qatar, Senin (29/4/2024). (Sumber: PSSI)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

DOHA, KOMPAS.TV - Langkah Tim nasional (Timnas) U23 Indonesia ke final harus terhenti di babak semifinal Piala Asia U23 2024. Pada laga yang berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Senin (29/4/2024) malam, mereka harus mengakui keunggulan tim kuat Uzbekistan dengan skor 0-2.

Meski harus menelan kekalahan, asa Garuda Muda untuk lolos ke Olimpiade Paris 2024 masih terbuka. Rizky Ridho cs masih memiliki peluang merebut tiket dengan meraih kemenangan pada laga perebutan tempat ketiga melawan tim yang kalah di semifinal lainnya, yakni Irak.

Baca Juga: Timnas Indonesia U23 Kalah di Semifinal Piala Asia U23 2024, Diwarnai Gol Dianulir dan Kartu Merah

Pada laga melawan Uzbekistan, Indonesia menampilkan permainan menyerang sejak menit-menit awal. Mereka berusaha keluar dari tekanan dengan mengandalkan serangan balik cepat. Namun, hingga turun minum, skor masih tetap 0-0.

Memasuki babak kedua, Garuda Muda mulai bisa menembus pertahanan kokoh Uzbekistan. Bahkan, pada menit 60, Muhammad Ferarri nyaris membawa Indonesia unggul lebih dulu.

Baca Juga: Hasil Babak I: Terus Ditekan, Timnas Indonesia Tahan Imbang Uzbekistan tanpa Gol

Sayangnya, gol yang dicetaknya dianulir setelah wasit mengecek VAR dan memutuskan adanya pelanggaran offside sebelumnya yang dilakukan Ramadhan Sananta.

Selepas momen tersebut, Uzbekistan justru mendapatkan momentum dan berhasil membuka keunggulan pada menit 68 melalui sepakan Khusain Norchaev.

Baca Juga: Susunan Pemain Timnas Indonesia U23 vs Uzbekistan: Ramadhan Sananta Gantikan Rafael Struick

Mereka semakin menguasai permainan dan mendapatkan beberapa peluang emas lagi, meski belum berbuah gol tambahan.

Di saat tertinggal, Indonesia justru kehilangan kapten tim, Rizky Ridho, yang diusir wasit pada menit 82 karena dianggap melakukan pelanggaran keras.

Baca Juga: Link Live Streaming Timnas Indonesia U23 vs Uzbekistan: Ambisi Shin Tae-Yong tanpa Kekalahan

Keadaan ini dimanfaatkan dengan baik oleh Uzbekistan untuk menambah keunggulan menjadi 0-2 pada menit akhir melalui gol bunuh diri Pratama Arhan.

Hingga peluit panjang dibunyikan, skor 0-2 untuk kemenangan Uzbekistan tidak berubah.


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x