Kompas TV olahraga sepak bola

Timnas Indonesia U23 Tampak Kesulitan Lawan Uzbekistan, Shin Tae-yong: Para Pemain Sedikit Gugup

Kompas.tv - 30 April 2024, 07:36 WIB
timnas-indonesia-u23-tampak-kesulitan-lawan-uzbekistan-shin-tae-yong-para-pemain-sedikit-gugup
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong. (Sumber: PSSI)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

DOHA, KOMPAS.TV - Kekalahan 0-2 yang dialami Timnas U23 Indonesia dari Uzbekistan pada semifinal Piala Asia U23 2024, Senin (29/4/2024) malam ternyata disebabkan oleh faktor kegugupan yang melanda para pemainnya sebelum laga dimulai. Demikian diungkapkan oleh pelatih Shin Tae-yong usai pertandingan.

"Saya pikir, sebelum kami memulai laga, para pemain sedikit gugup. Mungkin, ini yang mempengaruhi tim sehingga kami tidak bermain sebaik biasanya," jelas Shin Tae-yong dikutip dari Kompas.com, Selasa (30/4).

Baca Juga: Jepang dan Uzbekistan Melaju ke Final, Indonesia Berebut Satu Tiket Olimpiade Paris Kontra Irak

Pada laga yang berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Uzbekistan membuka keunggulan melalui gol Khusayin Norchaev pada menit 68.

Sebelumnya, Garuda Muda sempat terlebih dulu membatalkan gol dari Muhammad Ferarri pada menit 60 akibat adanya pelanggaran offside.

Baca Juga: Presiden Jokowi 'Down', Suasana Nobar di Istana Negara Berubah Drastis saat Gol Ferrari Dianulir

Keunggulan Uzbekistan semakin besar setelah Pratama Arhan justru mencetak gol bunuh diri pada menit 86. Hingga peluit panjang dibunyikan, skor 0-2 untuk kemenangan Uzbekistan tidak berubah.

Final Piala Asia akan mempertemukan Jepang dan Uzbekistan akan saling bentrok dalam laga puncak Piala Asia U23 2024 yang akan digelar pada Jumat (3/5) mendatang.

Baca Juga: Polisi Buru Pemasok Berbagai Jenis Narkoba ke Selebritas Rio Reifan

Meski menelan kekalahan, peluang Timnas U23 Indonesia untuk lolos ke Olimpiade Paris 2024 masih terbuka melalui laga perebutan tempat ketiga melawan Irak pada Kamis (2/5) mendatang. Meraih kemenangan atas Irak akan memastikan langkah Garuda Muda ke Olimpiade.

Namun, apabila kalah dari Irak, tim asuhan Shin Tae-yong masih memiliki satu peluang terakhir melalui laga playoff melawan wakil Afrika, Guinea, pada 9 Mei nanti yang juga memperebutkan satu tiket ke Olimpiade.

Baca Juga: Terduga Penembak Juru Parkir di Banyumas Ditangkap Polisi

Jika berhasil, ini akan menjadi pencapaian bersejarah bagi sepakbola Indonesia dengan kembali ke Olimpiade setelah 68 tahun absen sejak edisi 1956 di Melbourne.

"Saya percaya diri dan saya juga mempercayai para pemain saya. Kami semua yakin untuk melangkah ke Olimpiade," tegas Shin Tae-yong penuh keyakinan.


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x