Kompas TV olahraga sepak bola

Jelang Timnas U23 Indonesia vs Guinea, Shin Tae-yong Jaga Psikologi dan Kebugaran Garuda Muda

Kompas.tv - 8 Mei 2024, 12:20 WIB
jelang-timnas-u23-indonesia-vs-guinea-shin-tae-yong-jaga-psikologi-dan-kebugaran-garuda-muda
Pelatih Timnas U23 Indonesia, Shin Tae-yong. (Sumber: AFC)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Edy A. Putra

PARIS, KOMPAS.TV - Fokus utama pelatih Timnas U23 Indonesia, Shin Tae-yong, saat ini adalah menjaga kebugaran para pemainnya menjelang laga play-off kualifikasi Olimpiade Paris 2024 melawan Guinea di Prancis, Kamis (9/5/2024).

Timnas U23 telah menempuh perjalanan jauh dari Doha, Qatar, ke Paris untuk merebut satu tiket Olimpiade 2024 cabang sepak bola yang tersisa.

"Karena capek jadi hanya latihan pemulihan dan taktik sebentar. Memang kemarin kita perjalanan agak jauh dan lama," ujar Shin dalam rekaman audio yang diterima Kompas TV, Selasa (7/5).

Dia juga mengungkapkan, suhu udara di Prancis yang dingin membuat para pemain harus memakai jaket tebal.

"Paling penting sebenarnya kontrol kondisi pemain. Jadi secara psikologi juga mulai capek dan lelah, jadi kita harus kontrol supaya kondisi pemain tetap fit," ungkapnya.

Baca Juga: Timnas U23 Indonesia vs Guinea U23: Alfeandra Dewangga Tiba di Paris, Yakin Garuda Lolos Olimpiade

Shin juga menyebutkan beberapa kendala lain yang dihadapi Timnas U23 seperti masalah makanan dan tidur.

Seperti diketahui, Timnas U23 terbang ke Prancis setelah kalah di pertandingan perebutan peringkat ketiga di Piala Asia U23 2024 pada Kamis (2/5) lalu.

"Jadi memang ada kesulitan masalah makanan dan masalah tidur juga. Karena kita juga buru-buru booking hotel dan lain-lain karena keputusannya setelah selesai pertandingan kemarin di Doha, jadi ada masalah sedikit saja seperti itu."

Lapangan latihan di Stade de Lagrange juga dinilai masih di bawah standar. Namun, Shin mengatakan timnya harus beradaptasi dengan situasi dan kondisi setempat.

"Memang di bawah standar, ya. Artinya tidak seperti di Doha, tetapi katanya di sini yang rumputnya paling baik. Jadi mau tidak mau, kita harus adaptasi dengan situasi dan kondisi di sini," ujar pelatih asal Korea Selatan itu.

Baca Juga: Jelang Timnas U23 Indonesia vs Guinea, Skuad Garuda Muda Mulai Adaptasi Cuaca di Paris

Salah satu pemain Garuda Muda, Ikhsan Nul Zikrak, mengungkapkan kondisi rekan-rekan setimnya jelang pertandingan melawan Guinea.

"Ya kondisi saya alhamdulillah sangat baik, dan teman-teman juga sangat baik. Tentu kami sedang mempersiapkan diri supaya bisa bermain bagus dan masuk ke Olimpiade," ujar pemain Borneo FC tersebut, seperti dikutip Antara.


 




Sumber : Kompas TV, Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x