Kompas TV olahraga sepak bola

Menpora Berharap Timnas Indonesia Terus Konsisten hingga ke Kualifikasi Piala Dunia 2026

Kompas.tv - 10 Mei 2024, 18:40 WIB
menpora-berharap-timnas-indonesia-terus-konsisten-hingga-ke-kualifikasi-piala-dunia-2026
Timnas Indonesia U23 saat mengalahkan Australia 1-0 di Grup A Piala Asia U23 2024. (Sumber: PSSI)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo berharap raihan prestasi Timnas Indonesia di ajang Piala Asia U23 2024 hingga play-off Olimpiade Paris bisa berlanjut ke Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Timnas U23 Indonesia memang gagal mendapatkan tiket ke Olimpiade 2024 Paris. Namun, Garuda Muda tetap layak mendapatkan apresiasi.

Tampil sebagai tim debutan dan sama sekali tidak diunggulkan, skuad asuhan Shin Tae-yong mampu menembus babak semifinal.

Dalam perjalanannya, Rizky Ridho dan kawan-kawan mampu mengalahkan tim-tim kuat macam Australia, Yordania, dan Korea Selatan.

Sayangnya, dari tiga kesempatan meraih tiket Olimpiade, Timnas U23 Indonesia belum mampu memanfaatkannya usai kalah dari Uzbekistan (semifinal) dan Irak (perebutan juara ketiga) di Piala Asia U23 serta takluk dari Guinea 1-0 di play-off AFC-CAF Olimpiade 2024 Paris.

Meski begitu, Menpora Dito melihat prestasi Timnas U23 Indonesia sudah sangat luar biasa. 

Ia berharap, penampilan apik dengan mengalahkan dan melawan tim-tim kuat di Asia bisa terus konsisten di pertandingan internasional selanjutnya, salah satunya Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Baca Juga: Resmi Jadi WNI, Maarten Paes: Bangsa Ini Layak Berada di Piala Dunia

Apalagi saat ini, mayoritas pemain di Timnas Senior juga merupakan pemain kunci di Timnas U23. Dengan pengalaman yang sudah didapatkan, Menpora Dito ingin konsistensi bisa dijaga oleh skuad Garuda.

"Yang saya lihat secara langsung, karena saya sempat berada di Qatar, bersama tim dan juga para ofisial di mana yang bisa kami katakan, tim ini sekarang dalam situasi dan suasana yang sangat prima dari segi kekompakan dan juga tata latihan dan bagaimana Coach Shin Tae-yong memastikan kedisiplinan para atlet," kata Menpora Dito dalam program Kompas Petang, Jumat (10/5/2024).

"Jadi ini yang perlu kita lanjutkan adalah konsistensi timnas kita ke depan. Jangan hanya euforia saat ini, jadi ke depan konsistensinya itu bisa terjamin. Karena dari pengalaman Piala Asia dan lanjut di play-off, timnas kita sudah mendapatkan pengalaman sangat berharga, bisa menang lawan tim kuat Asia," ujarnya.

Terkait peluang Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026, pengamat sepak bola Weshley Hutagalung meyakini Merah Putih punya peluang besar untuk lolos ke putaran ketiga.

Bung Weshley pun yakin, Timnas Indonesia bisa meraih tiga poin di dua laga sisa demi mengunci peluang lolos ke Piala Dunia 2026.

"Hitung-hitungan saya, kalau lawan Irak kita bisa dapat satu poin, masih aman lah, karena poin kita 7, saingan terdekat kita Vietnam 3. Kalau kita bisa menang sekali, selesai, kita lolos ke putaran ketiga," ucapnya.

Pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Grup F akan dimainkan di bulan Juni mendatang.

Timnas Indonesia akan menghadapi Irak pada 6 Juni dan Filipina pada 11 Juni. Kedua pertandingan bakal dimainkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Baca Juga: Kata Shin Tae-Yong soal Peluang Timnas Indonesia ke Piala Dunia 2026, Mencoba Bijaksana


 

 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x