Kompas TV olahraga sepak bola

Bakal Gantikan Jurgen Klopp di Liverpool, Bagaimana Gaya Permainan dan Taktik Arne Slot?

Kompas.tv - 18 Mei 2024, 17:58 WIB
bakal-gantikan-jurgen-klopp-di-liverpool-bagaimana-gaya-permainan-dan-taktik-arne-slot
Pelatih Feyenoord Arne Slot mengungkapkan dirinya pengganti Jurgen Klopp di Liverpool. (Sumber: AP Photo/Peter Dejong, File)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Gading Persada

KOMPAS.TV - Pelatih asal Belanda Arne Slot mengonfirmasi bahwa dirinya bakal melatih Liverpool mulai musim depan untuk menggantikan Jurgen Klopp.

Seperti yang diketahui, Klopp telah mengumumkan di bulan Januari 2024 bahwa ia bakal meninggalkan Anfield di akhir musim ini.

Sejumlah nama pelatih seperti Xabi Alonso dan Ruben Amorim sempat muncul menjadi kandidat pelatih.

Namun akhirnya, Slot yang dipilih oleh manajemen The Reds untuk mengisi kursi kepelatihan yang ditinggalkan oleh Klopp.

“Saya dapat memastikan bahwa saya akan menjadi pelatih di sana tahun depan,” kata Slot pada konferensi pers, Jumat (17/5/2024), dikutip dari ESPN.

Pelatih berusia 45 tahun itu pun memanfaatkan momen tersebut untuk berpamitan dengan klubnya saat ini Feyenoord Rotterdam.

“Sampai saat ini saya tidak memikirkan hal ini sebagai persiapan untuk pertandingan terakhir saya, tapi hal itu mulai terjadi sekarang,” ujar Slot.

"Pada awal minggu Anda memikirkan tentang latihan dan hal-hal semacam itu. Namun perasaan itu semakin kuat sekarang. Itu sebabnya saya agak terlambat sekarang [untuk konferensi pers], karena saya ingin mengucapkan selamat tinggal kepada beberapa orang secara pribadi dan meluangkan waktu untuk mereka, lebih dari sekedar berjabat tangan."

Lantas siapakah Arne Slot? Bagaimana gaya permainan dan taktik yang dimilikinya?

Baca Juga: Pengganti Jurgen Klopp di Liverpool Terjawab, Pelatih Feyenoord Arne Slot Ungkap Jadi Suksesor

Profil Arne Slot

Arne Slot mengawali karier sepak bola profesionalnya di FC Zwolle. Sepanjang kariernya sebagai pemain, ia juga bermain untuk NAC Breda, Sparta Rotterdam, dan kembali ke PEC Zwolle sebelum akhirnya memutuskan gantung sepatu pada tahun 2013. 

Total, Slot mencatat lebih dari 450 penampilan selama 18 tahun kariernya sebagai pemain. Di antara prestasi yang diraihnya, ia dua kali memenangkan gelar juara divisi kedua Belanda bersama FC Zwolle.

Setelah pensiun sebagai pemain, Slot bergabung dengan staf pelatih di Zwolle sebagai pelatih tim muda selama satu tahun. 

Pada tahun 2014, ia menerima tawaran untuk menjadi asisten pelatih di Cambuur, mendampingi Henk de Jong. Kesempatan besar datang pada tahun 2016 ketika Slot diangkat menjadi pelatih interim. 

Di bawah kepemimpinannya, Cambuur berhasil naik dari peringkat 14 ke peringkat ketiga di divisi kedua, meski akhirnya gagal promosi ke Eredivisie.

Prestasi lain yang menonjol adalah pencapaian Cambuur yang mencapai semifinal Piala Belanda, termasuk kemenangan mengesankan atas Ajax, sebelum kalah adu penalti dari AZ Alkmaar.

Pada tahun 2017, Slot bergabung dengan AZ Alkmaar sebagai asisten pelatih. Selama dua musim, ia membantu tim mencapai posisi ketiga dan keempat di liga. 

Pada tahun 2019, Slot diangkat menjadi pelatih utama AZ. Musim pertamanya sebagai pelatih utama berakhir dengan AZ berada sejajar poin dengan Ajax setelah 25 pertandingan, namun musim tersebut terhenti akibat pandemi Covid-19 tanpa ada juara yang ditentukan. 

Meski demikian, Slot mencatatkan rata-rata 2,11 poin per pertandingan selama masa jabatannya, angka tertinggi dalam sejarah pelatih di Alkmaar.

Pada tahun 2020, Slot pindah ke Feyenoord dan langsung memberikan dampak positif. Di musim pertamanya, ia berhasil membawa Feyenoord mencapai final Liga Konferensi UEFA. 

Baca Juga: Hasil Liga Inggris: Sheffield United Degradasi, Liverpool-Manchester United Kompak Main Imbang



Sumber : ESPN, Liverpool Echo



BERITA LAINNYA



Close Ads x