Kompas TV olahraga sepak bola

Jelang Final Liga Champions Dortmund vs Real Madrid, Inggris Siapkan Pengamanan Ketat di Wembley

Kompas.tv - 29 Mei 2024, 23:15 WIB
jelang-final-liga-champions-dortmund-vs-real-madrid-inggris-siapkan-pengamanan-ketat-di-wembley
Foto arsip - Pemandangan Stadion Wembley, London, Inggris dari udara pada Kamis, 1 September 2022. Stadion Wembley dijadwalkan menjadi saksi final Liga Champions yang mendebarkan antara Real Madrid dan Borussia Dortmund pada Sabtu (1/6/2024). (Sumber: AP Photo/Frank Augstein)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

LONDON, KOMPAS.TV - Stadion Wembley dijadwalkan menjadi saksi final Liga Champions yang mendebarkan antara Real Madrid dan Borussia Dortmund pada Sabtu (1/6/2024) mendatang. 

Namun, sebelum pertandingan dimulai, stadion legendaris tersebut bersiap untuk melaksanakan operasi pengamanan terbesar dalam sejarahnya, yang bertujuan mencegah kekacauan yang telah menghantui acara-acara besar sebelumnya di Inggris.

Pada final Euro 2020 yang diadakan di Wembley, ketidakamanan merajalela ketika lebih dari 2.000 orang berhasil masuk ke dalam stadion tanpa tiket.

Lebih ironis lagi, 6.000 orang lainnya berada di luar stadion, siap menyerbu gerbang jika Inggris berhasil memenangi pertandingan melawan Italia. Insiden tersebut menciptakan gambaran yang memalukan bagi arena olahraga ikonik tersebut.

Untuk menghindari kejadian serupa, dilansir The Guardian, Rabu (29/5/2024), lebih dari 2.500 pengawas akan dikerahkan untuk mengawasi kerumunan yang menghadiri pertandingan pada Sabtu nanti. 

Tidak hanya itu, pengelola stadion juga telah mengeluarkan investasi sebesar 5 juta pound atau Rp100 miliar untuk memperkuat infrastruktur keamanannya.

Pintu-pintu stadion telah diperkuat, sistem penguncian tambahan telah dipasang, dan gerbang serta pagar perimeter baru telah didirikan sebagai upaya untuk memperketat kontrol masuk.

Pengawasan akan diperketat dengan adanya "Zone X", ruang kontrol yang akan memantau pergerakan di sekitar stadion. 

Baca Juga: Head to Head PSG vs Dortmund di Liga Champions, Les Parisien Siap Comeback

Pengawas akan dilengkapi dengan kamera tubuh ekstra, sementara tiket digital diterapkan untuk mengurangi peredaran tiket palsu. 

Setiap penonton akan menjalani dua kali pemeriksaan sebelum memasuki stadion untuk memastikan hanya mereka yang memiliki tiket yang dapat masuk.

Namun, upaya keamanan tidak hanya berfokus di dalam stadion. Fasilitas di sekitar stadion juga akan menjadi fokus. Penggemar Dortmund dan Real Madrid diberi akses ke fan park yang telah disiapkan sebelum pertandingan dimulai. 

Penggemar Dortmund akan memiliki akses ke fan park di Hyde Park yang berkapasitas 20.000 orang, sementara penggemar Real Madrid dapat menggunakan fasilitas di Victoria Embankment yang dapat menampung 13.600 orang. 

Seandainya permintaan meningkat, layar di lokasi-lokasi tersebut mungkin akan digunakan untuk menyiarkan pertandingan kepada para penggemar yang tidak memiliki tiket.

Chris Bryant, direktur sementara stadion dan acara FA, menekankan pentingnya acara ini berlangsung dengan lancar dan meninggalkan kesan positif bagi semua pihak yang terlibat. 

"Itu adalah hari yang sulit dan mengecewakan," ujarnya, merujuk pada final Euro 2020 yang kacau.

"Banyak sekali pekerjaan yang telah dilakukan untuk acara ini, yang merupakan acara penting secara nasional dan kesempatan untuk menunjukkan bahwa London mampu menyelenggarakan acara besar dengan sukses." 

Baca Juga: Jude Bellingham Masih Tak Percaya Real Madrid Jumpa Dortmund di Final Liga Champions


 



Sumber : The Guardian



BERITA LAINNYA



Close Ads x