Kompas TV olahraga sepak bola

Fakta-Fakta Real Madrid Juara Liga Champions: Semusim tanpa Kalah, Rekor Ancelotti si Raja UCL

Kompas.tv - 2 Juni 2024, 08:46 WIB
fakta-fakta-real-madrid-juara-liga-champions-semusim-tanpa-kalah-rekor-ancelotti-si-raja-ucl
Para pemain Real Madrid merayakan gelar Liga Champions UEFA ke-15 dengan melempar Carlo Ancelotti ke udara di Stadion Wembley, Inggris, Sabtu (1/6/2024). Di final, Madrid menang 2-0 atas Borrusia Dortmund. (Sumber: Kirsty Wigglesworth/Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Gading Persada

LONDON, KOMPAS.TV - Real Madrid sukses menjuarai Liga Champions UEFA 2023/2024 usai mengalahkan Borussia Dortmund 0-2 di Stadion Wembley, Minggu (2/6/2024) dini hari tadi WIB. Kemenangan ini mengukuhkan status Real Madrid sebagai klub tersukses kompetisi antarklub elite Eropa tersebut.

Madrid mengalahkan Dortmund berkat dua gol yang dibagi rata Dani Carvajal dan Vinicius Junior pada babak kedua usai terus ditekan Die Borussen pada babak pertama.

Usai membungkam Dortmund, Real Madrid pun menambah koleksi trofi Liga Champions mereka menjadi 15, jauh lebih banyak dibanding klub lain. Los Blancos telah memenangkan enam trofi Liga Champions dalam kurun 10 tahun terakhir.

Baca Juga: Dortmund vs Real Madrid, Luka Modric Buru Trofi Liga Champions Keenam

El Real juga memperpanjang catatan positif di final Liga Champions. Madrid tercatat hanya kalah tiga kali dari 18 penampilan final Liga Champions sepanjang sejarah.

Berikut fakta-fakta unik terkait Real Madrid juara Liga Champions untuk yang ke-15 kalinya pada Minggu (2/6) dini hari.

Fakta-Fakta Real Madrid Juara Liga Champions

  • Real Madrid telah memenangkan total sembilan trofi UCL sejak era Liga Champions yang dimulai pada 1992. Los Blancos meraih dua trofi UCL dalam kurun tiga tahun dan total meraih 15 trofi UCL sepanjang sejarah.
  • Real Madrid memenangkan Liga Champions 2023/2024 tanpa kekalahan sepanjang musim. Toni Kroos dan kawan-kawan total memetik sembilan kemenangan dan imbang empat kali selama Liga Champions kali ini.
  • Kemenangan Real Madrid membuat Carlo Ancelotti mengukuhkan diri sebagai "raja" Liga Champions. Pelatih asal Italia ini telah memenangkan lima trofi Liga Champions sepanjang kariernya, dua lebih banyak dibanding pelatih lain. Don Carlo meraih tiga trofi UCL bersama Madrid dan dua trofi bersama AC Milan.
  • Dani Carvajal membuka keunggulan Madrid di final Liga Champions kendati telah puasa gol sembilan tahun di kompetisi tersebut. Gol terakhir Carvajal di UCL sebelumnya dicetak ke gawang Shakhtar Donetsk pada November 2015.
  • Vinicius Junior menjadi pemain Brasil pertama yang mencetak dua gol di final Liga Champions yang berbeda.
  • Luka Modric dan Dani Carvajal menyamai rekor legenda Real Madrid, Francisco "Paco" Gento yang memenangkan enam trofi Liga Champions bersama klub tersebut.

Baca Juga: Timnas Indonesia vs Tanzania, Apakah Calvin Verdonk Akan Dimainkan?


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x