Kompas TV olahraga sepak bola

Demi Hindari Kerusuhan di Piala Eropa, Polisi Jerman Sarankan Suporter Inggris Konsumsi Ganja Saja

Kompas.tv - 16 Juni 2024, 20:30 WIB
demi-hindari-kerusuhan-di-piala-eropa-polisi-jerman-sarankan-suporter-inggris-konsumsi-ganja-saja
Ilustrasi suporter sepak bola. (Sumber: Express.co.uk)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepolisian Kota Gelsenkirchen, Jerman, mengimbau para suporter tim nasional Inggris untuk mengonsumsi ganja daripada minuman beralkohol jelang pertandingan melawan Serbia di Euro 2024. 

Pertandingan Grup C Piala Eropa 2024 antara Serbia vs Inggris ini dijadwalkan berlangsung pada Senin (17/6/2024) dinihari nanti waktu Indonesia di Stadion Veltins Arena.

Langkah ini diambil untuk mencegah kerusuhan yang sering terjadi akibat ulah Hooligans, sebutan bagi suporter garis keras Inggris, selama turnamen berlangsung di Jerman.

Kepala Polisi Gelsenkirchen memperkirakan ada sekitar 20.000 suporter Inggris dan setengah dari jumlah suporter Serbia telah membeli tiket untuk menyaksikan pertandingan tersebut.

Baca Juga: Sosok Lamine Yamal, Bintang Muda Spanyol Berusia 16 Tahun yang Menggebrak di Euro 2024

“Tidak masalah bagi penggemar untuk merokok ganja di jalan,” ujar juru bicara kepolisian Gelsenkirchen, Stephan Knipp, dikutip dari The Sun.

Stephan Knipp menambahkan bahwa konsumsi ganja dianggap dapat menciptakan suasana hati yang lebih tenang, berbeda dengan efek agresif yang ditimbulkan oleh alkohol.

"Fokus kami adalah pada penggemar yang minum alkohol dan berpotensi melakukan kekerasan. Itulah sebabnya kami menerapkan tindakan pencegahan keamanan terhadap alkohol," papar Knipp, dikutip dari Express.

Sebagai informasi, Jerman telah melegalkan konsumsi ganja dalam jumlah terbatas untuk penggunaan pribadi mmulai 1 April 2024 lalu.

Meski demikian, aturan ini tidak memperbolehkan konsumsi ganja di dalam stadion Veltins Arena, bar, ataupun alun-alun kota.



Sumber : Sky News/The Sun/Express



BERITA LAINNYA



Close Ads x