Kompas TV olahraga sepak bola

Jelang Drawing Kualifikasi Piala Dunia 2026, AFC Soroti Keikutsertaan Indonesia di World Cup 1938

Kompas.tv - 25 Juni 2024, 19:40 WIB
jelang-drawing-kualifikasi-piala-dunia-2026-afc-soroti-keikutsertaan-indonesia-di-world-cup-1938
Pemain Timnas Indonesia melakukan selebrasi usai Thom Haye mencetak gol ke gawang Filipina di laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Selasa (11/6/2024). (Sumber: PSSI)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Gading Persada

KOMPAS.TV - Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) menyoroti keikutsertaan Indonesia yang menjadi negara Asia pertama di ajang Piala Dunia pada tahun 1938.

Dalam artikel yang diterbitkan jelang drawing Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Ronde Ketiga, Selasa (25/6/2024), AFC menyoroti Indonesia yang menjadi perintis keikutsertaan negara Asia di FIFA World Cup.

"Setelah dua Piala Dunia pertama pada tahun 1930 dan 1934 tanpa perwakilan Asia, Indonesia - yang saat itu dikenal sebagai Hindia Belanda - mengibarkan bendera Asia di turnamen tersebut untuk pertama kalinya sebagai salah satu dari tiga negara non-Eropa yang berpartisipasi dalam edisi ketiga bersama Brasil dan Kuba," tulis AFC.

Indonesia yang saat itu dikenal sebagai Hindia Belanda menjadi negara Asia pertama yang tampil di Piala Dunia FIFA. (Sumber: AFC)

"Dipimpin oleh kapten Achmad Nawir, Hindia Belanda langsung menghadapi pertandingan knock-out melawan finalis Hungaria yang akhirnya mengalahkan tim Asia Tenggara tersebut dengan skor 6-0, yang membuat debutan benua itu hanya tinggal sebentar di Prancis."

Karena Perang Dunia, Piala Dunia baru kembali diadakan pada tahun 1950 di mana tidak ada wakil Asia saat itu. 

Pada Piala Dunia 1954 di Swiss, Asia kembali mengirimkan wakil yakni Korea Selatan yang juga menjadi debutan.

Namun, sama seperti Indonesia, Korea Selatan juga babak belur dan harus tersingkir di penyisihan grup.

Baca Juga: Timnas Indonesia Pot Terendah, Drawing Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Digelar 27 Juni

"Tidak ada negara Asia yang berpartisipasi pada tahun 1950 ketika kompetisi dilanjutkan setelah Perang Dunia Kedua, tetapi Korea Selatan melakukan debut mereka di Swiss pada tahun 1954. Dan seperti halnya Indonesia, mereka menghadapi tim Hungaria yang menakjubkan dalam pertandingan pembuka mereka," lanjut AFC.

"Tim Magyars yang kuat mencatatkan kemenangan 9-0 melawan Korea dengan legenda Ferenc Puskas membuka dan menutup skor di Zurich. Taeguk Warriors, yang akan menghasilkan hasil terbaik Asia di Piala Dunia FIFA lima dekade kemudian, keluar dari turnamen dengan kekalahan 7-0 dari Turki, dan mengakhiri usaha pertama mereka di dasar grup."

Adapun AFC akan menggelar undian atau drawing Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Ronde Ketiga di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (27/6) lusa.

Dalam drawing yang diikuti 18 negara tersebut, Indonesia yang menjadi negara kedua dengan peringkat FIFA terendah akan berada di pot 6.

Tim Garuda pun harus bersiap untuk menghadapi lawan-lawan kuat kawasan Asia seperti Jepang, Iran, Korea Selatan, Qatar, Australia hingga Arab Saudi.

Pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Ronde Ketiga ini, 18 negara bakal dibagi ke dalam tiga grup yang masing-masing diisi 6 tim.

Dua tim teratas dari tiap grup, berhak mendapatkan tiket lolos ke Piala Dunia 2026. Sementara itu, peringkat 3-4 dari tiap grup melanjutkan perjuangannya ke ronde keempat kualifikasi. 

Baca Juga: Shin Tae-yong Lebih Pilih Timnas Indonesia Lawan Korea Selatan di Kualifikasi Piala Dunia 2026


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x