Kompas TV otomotif news

Soal Recall 4.748 Unit Veloz, Avanza, Reize, Xenia dan Rocky, Ini yang Harus Dilakukan Pemilik Mobil

Kompas.tv - 6 Juni 2023, 12:04 WIB
soal-recall-4-748-unit-veloz-avanza-reize-xenia-dan-rocky-ini-yang-harus-dilakukan-pemilik-mobil
Toyota dan Daihatsu melakukan recall atau penarikan lebih dari 4.700 unit Toyota Veloz, Toyota Avanza, Toyota Raize, All New Xenia dan Daihatsu Rocky di Indonesia. Hal itu dilakukan karena ada masalah pada ECU Airbag. (Sumber: Toyota)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Toyota dan Daihatsu melakukan recall atau penarikan produk Toyota Veloz, Toyota Avanza, Toyota Raize, All New Xenia dan Daihatsu Rocky. Hal itu dilakukan karena ada masalah pada ECU Airbag. 

PT Toyota Astra Motor (TAM) Senin (5/6/2023) mengumumkan recall 3.538 unit 3 jenis mobil tersebut, dengan tahun produksi Desember 2022 hingga Januari 2023. 

“Pemilik model-model yang disebutkan di atas, disarankan untuk menghubungi Toyota atau datang ke jaringan dealer Toyota terdekat agar dilakukan pengecekan pada ECU Airbag kendaraannya, dan jika dibutuhkan melakukan penggantian komponen ECU Airbag di bengkel resmi Toyota,” kata Henry Tanoto, Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) dalam siaran persnya, Senin (5/6/2023). 

Ia menjelaskan, adanya malfungsi pada salah satu kapasitor ECU Airbag menyebabkan adanya potensi airbag tidak dapat beroperasi sebagaimana mestinya.

Baca Juga: Diungkap Menperin, Jokowi Minta Toyota Pertahankan Nama "Kijang" Ternyata karena Hal Ini

"Adanya potensi short circuit (korsleting) pada kondensor didalam ECU Airbag, sehingga dapat menyebabkan tidak beroperasinya Airbag dan seatbelt pretensioner dalam kondisi terjadinya tabrakan," tulis Toyota di laman resminya. 

Pengguna bisa mengidentifikasi masalah tersebut, dengan memeriksa lampu peringatan airbag yang akan menyala pada Multi Information Display (MID). 

"Sebelum hal tersebut terjadi kami sarankan Bapak/Ibu untuk segera melakukan pemeriksaan ke Dealer resmi terdekat," kata Toyota. 

Secara keseluruhan, proses pengecekan hingga pengerjaan ini berlangsung sekitar 1 jam. Pemeriksaan/penggantian ECU Airbag ini juga tidak dikenakan biaya alias gratis. 

Toyota menekankan tidak semua Veloz, Avanza, dan Raize yang diproduksi pada Desember 2022- Januari 2023 bermasalah. Sehingga sebaiknya pengguna segera memeriksakan kendaraannya. 

Baca Juga: Harga New Honda Brio Dibanderol Mulai Rp165 Juta, Ini Sederet Fitur Terbarunya

Pemilik mobil disarankan melakukan booking service terlebih dahulu di dealer resmi Toyota, agar dealer dapat mempersiapkan stall, teknisi, dan part yang akan diganti.




Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x