Kompas TV otomotif ranger oto

Michelin Buat Ban Khusus dan Spesial Untuk Balapan Porsche Sprint Challenge Indonesia

Kompas.tv - 23 Februari 2024, 09:49 WIB
michelin-buat-ban-khusus-dan-spesial-untuk-balapan-porsche-sprint-challenge-indonesia
Ban Michelin terasang di Porsche 911 GT3 (Sumber: Porsche Indonesia)
Penulis : Rengga Rinasti | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Michelin, perusahaan global yang terkenal akan inovasi dan teknologi dalam industri ban, telah mengumumkan kemitraannya dengan Porsche Sprint Challenge Indonesia.

Kolaborasi ini menegaskan komitmen Michelin untuk menyediakan ban berkualitas tinggi dan keahlian teknis kepada para penggemar olahraga otomotif.

Michelin tidak hanya terlibat dalam menyediakan ban untuk kegiatan olahraga otomotif, tetapi juga menjalin kemitraan teknis yang erat dengan tim Porsche.

Para perancang Michelin bekerja sama secara intensif dengan tim Porsche untuk mengembangkan ban yang memberikan kinerja optimal.

Kemitraan ini terutama berfokus pada ban Michelin Pilot Sport Cup N3/N3R yang dirancang khusus untuk mobil Porsche 992 GT3 Cup.

Ban ini telah melalui serangkaian pengujian ekstensif, mencakup lintasan dari 5 sirkuit berbeda di Eropa dan menempuh lebih dari 10.000 kilometer perjalanan, sehingga menjamin kinerja yang optimal dalam berbagai kondisi.

Fahrul Rozi selaku product marketing manager Michelin Indonesia mengatakan bahwa mereka menciptakan hingga memberikan kode khusus untuk ban yang digunakan dalam Porsche sprint challenge Indonesia kali ini.

“Untuk kali ini kita pakai ban generasi baru dari michelin disebutnya N3, kode N memang kita develop untuk Porsche, yang dimana kita develop khusus untuk kendaraan ini, kita prepare ada sekitar 100 sampai 200 tires untuk race kali ini, dan juga ban ini memang di develop untuk sprint dan juga long range ya.” Ujar Fahrul Rozi, Sabtu (27/1/2024).

Porsche Sprint Challenge Indonesia (Sumber: Porsche Indonesia)

Saat ini, jenis ban tersebut dipilih untuk digunakan di seluruh kejuaraan Porsche Carrera Cup di berbagai belahan dunia, termasuk kompetisi bergengsi Porsche Supercup.

Ban Michelin Pilot Sport Cup N3/N3R adalah hasil dari kolaborasi erat antara Michelin dan tim pengembangan Porsche, yang telah dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan spesifik dari mobil Porsche 992 GT3 Cup.

Diproduksi di pabrik Gravanches di Clermont Ferrand, tempat yang dioperasikan dengan 100 persen energi terbarukan, ban ini menunjukkan komitmen Michelin terhadap praktik berkelanjutan.

Fahrul Rozi juga mengungkapkan bahwa ban jenis ini tidak dapat digunakan di jalan raya, karena memiliki beberapa fitur yang berbeda.

“Dan memang kalau spesifically apa bedanya ban road dengan race tire it’s a not same think, ini memilik yang tidak dimiliki ban jalan raya dan sebaliknya.” ujar Fahrul Rozi.

Ada dua tipe yang tersedia yaitu ban slick Michelin Pilot Sport Cup N3 (bagian depan) / N3R (bagian belakang) dan ban basah P2L (ukuran depan 30/65-18 dan belakang 31/71-18).

Keduanya merupakan perwujudan dari teknologi mutakhir dan kinerja tinggi yang mampu memberikan pengalaman terbaik dalam hal penanganan dan kendali kepada para pembalap yang berkompetisi dalam ajang Porsche Supercup dan Carrera Cup.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x