Kompas TV pendidikan edukasi

Pentingnya Sikap Rendah Hati untuk Pemimpin

Kompas.tv - 29 Maret 2023, 17:00 WIB
pentingnya-sikap-rendah-hati-untuk-pemimpin
Pemimpin yang memiliki kerendahan hati mampu membawa timnya sukses. (Sumber: Freepik/Jcomp)
Penulis : Ristiana D Putri | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepemimpinan efektif adalah pemimpin yang memiliki sikap rendah hati dan tidak pernah sombong dengan setiap prestasi dan pencapaian yang telah didapatkan. 

Pasalnya, kerendahan hati merupakan salah satu faktor yang meningkatkan perkembangan pola pikir seseorang. Karakter ini juga dibutuhkan untuk mampu belajar dan beradaptasi dengan perubahan.

Informasi ini pun disampaikan dalam siniar Obsesif bertajuk “Puni Ayu Anjungsari, Memimpin dengan Kerendahan Hati” yang dapat diakses melalui tautan dik.si/ObsesifPuni.

Kerendahan hati merupakan sikap yang dimiliki seseorang bahwa dirinya tidak memiliki kelebihan khusus yang membuatnya merasa lebih baik dari orang lain. Karakter ini akan memungkinkan seseorang untuk menyadari kekurangan diri sendiri.

Dengan demikian, orang tersebut akan lebih terbuka untuk belajar dan bersedia menerima kritik dan masukan.

Kerendahan Hati: Kunci Sukses Pemimpin Hebat

Dikutip dari Kompas.com, Neubauer, Tarling, dan Wade (2017) mengidentifikasi kerendahan hati sebagai salah satu karakteristik yang penting untuk dimiliki oleh pemimpin yang siap untuk cepat beradaptasi dalam menghadapi perubahan.

Dalam konteks ini, kerendahan hati adalah kesediaan pemimpin untuk mengakui bahwa masih banyak hal yang perlu mereka pelajari, sehingga pemimpin yang rendah hati akan terbuka untuk terus belajar serta bersedia menerima masukan.

Baca Juga: Pentingnya Menerapkan Kepemimpinan Otentik

Dalam buku Conscious Leadership (2010), John Mackey, Steve McIntosh, dan Carter Phipps berpendapat bahwa pemimpin harus menganggap kerendahan hati sebagai salah satu keunggulan kompetitif.

Adam Grant dalam bukunya yang berjudul Think Again: The Power of Knowing What You Don’t Know menyatakan bahwa orang sering salah paham bahwa memiliki kerendahan hati berarti memiliki kepercayaan diri yang rendah.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x