Kompas TV pendidikan kampus

Alifia Pratiwi Pamungkas Lolos UTBK 2023 di Unair di Usia 16 Tahun, Begini Ceritanya

Kompas.tv - 22 Juni 2023, 10:32 WIB
alifia-pratiwi-pamungkas-lolos-utbk-2023-di-unair-di-usia-16-tahun-begini-ceritanya
Alifia Pratiwi Pamungkas, mahasiswa Unair yang lolos jalur UTBK SNBT 2023 di usia 16 tahun. (Sumber: Dok. Unair)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Desy Afrianti

SURABAYA, KOMPAS.TV - Alifia Pratiwi Pamungkas menjadi mahasiswa baru termuda Universitas Airlangga (Unair) yang diterima lewat jalur Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berbasis Tes alias UTBK SNBT 2023.

Unair sendiri menerima 2.672 mahasiswa baru di jalur UTBK SNBT 2023. Dari ribuan mahasiswa baru itu, ada lima mahasiswa yang masuk kategori mahasiswa termuda.

Salah satunya Alifia yang lolos UTBK di usia 16 tahun 3 bulan. Alumni SMAN 1 Genteng, Banyuwangi, itu berhasil diterima di program studi Teknik Laboratorium Medik Unair.

Baca Juga: Jurusan UTBK SNBT 2023 Terfavorit di UGM dari Klaster Saintek dan Soshum

Siswa Akselerasi

Menjadi mahasiswa termuda yang diterima jalur UTBK di Unair diperoleh Alifia melalui perjuangan sejak duduk di bangku sekolah menengah. Dia merupakan siswa program akselerasi sehingga bisa lulus lebih cepat.

Alifia tercatat mengikuti program akselerasi sebanyak dua kali di jenjang SMP dan SMA. Dengan program percepatan ini, dia hanya butuh waktu dua tahun untuk menyelesaikan pendidikannya di masing-masing jenjang.

“Saya mengikuti program akselerasi saat SMP dan SMA. Terkadang saya masih speechless bisa melangkah sejauh ini, mengingat banyaknya rintangan selama saya menempuh pendidikan akselerasi ini,” kata Alifia, Rabu (21/6/2023), dikutip dari laman resmi Unair.

Baca Juga: Lolos UTBK SNBT di UGM? Ini Langkah yang Harus Dilakukan agar Resmi jadi Mahasiswa

Dia bercerita bahwa menjadi siswa di program akselerasi berarti memikul beban ganda dalam pembelajaran. Alifia kerap disibukkan dengan tugas sekolah yang cukup banyak.

Hal ini membutuhkan kemampuan manajemen waktu dan strategi belajar yang baik agar mampu menguasai materi pembelajaran.

Namun, pengalamannya mengikuti program akselerasi justru membuatnya piawai dalam mengatur waktu. Sebab, dia harus bisa membagi waktu antara mengerjakan tugas sekolah dan belajar UTBK.

“Di sini saya harus pandai mengatur waktu antara tugas sekolah dan waktu untuk belajar UTBK,” ungkapnya.

Baca Juga: 4 Kampus Negeri yang Tak Pungut Uang Pangkal di Jalur Mandiri, Alternatif jika Tak Lolos UTBK 2023

Kunci Sukses ala Alifia

Alifia membagikan salah satu tips dan kunci sukses bisa menamatkan SMP dan SMA melalui program akselerasi dan lolos UTBK di Unair.

Meski banyak tantangan yang harus dia lalui, dia percaya bahwa setiap kesulitan pasti akan ada jalan keluarganya. Prinsip yang terus dia pegang adalah berbaik sangka pada takdir Tuhan.

“Saya selalu berusaha berprasangka baik pada takdir Tuhan. Saya percaya bahwa setiap kesulitan itu akan berakhir. Ketika saya sadar akan hal itu, saya merasa lebih nyaman dan enjoy menjalani pendidikan akselerasi ini selama di bangku sekolah,” ujarnya.



Sumber : unair.ac.id



BERITA LAINNYA



Close Ads x