Kompas TV pendidikan sekolah

6 Profil Pelajar Pancasila jadi Materi MPLS 2023? Ini Penjelasan Arti dan Tujuannya

Kompas.tv - 11 Juli 2023, 12:54 WIB
6-profil-pelajar-pancasila-jadi-materi-mpls-2023-ini-penjelasan-arti-dan-tujuannya
Ilustrasi pelajar SMA mengerjakan tugas. Ini penjelasan Profil Pelajar Pancasila untuk materi MPLS 2023 (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bagi siswa baru yang akan melakukan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di sekolah baru, siap-siap jika materinya ada yang berupa Profil Pelajar Pancasila.

Profil Pelajar Pancasila adalah sejumlah ciri karakter dan kompetensi yang diharapkan untuk diraih oleh peserta didik, yang didasarkan pada nilai-nilai luhur Pancasila.

Ini merupakan visi misi Presiden RI melalui Kementerian Pendidikan Kebudayan Riset dan Teknologi untuk mengendalikan pembangunan SDM dan meningkatkan mutu pendidikan dan memajukan kebudayaan.

Tujuan Profil Pelajar Pancasila

1. Menerjemahkan tujuan dan visi pendidikan ke dalam format yang lebih mudah dipahami oleh seluruh pemangku kepentingan pendidikan

2. Menjadi kompas bagi pendidik dan pelajar Indonesia

3. Tujuan akhir segala pembelajaran, program, dan kegiatan di satuan pendidikan

Baca Juga: Penjelasan Kurikulum Merdeka Belajar yang Berlaku untuk SD, SMP, SMA 2023, Orang Tua Harus Tahu!

6 Profil Pelajar Pancasila

Ada enam ciri yang menjadi dimensi atau kompetensi profil pelajar Pancasila, yaitu (1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia; (2) berkebhinekaan global; (3) bergotong royong; (4) mandiri; (5)  bernalar kritis; dan (6) kreatif. 

Dimensi-dimensi tersebut menunjukkan bahwa Profil Pelajar Pancasila tidak hanya fokus pada kemampuan kognitif, tetapi juga sikap dan perilaku sesuai jati diri sebagai bangsa Indonesia sekaligus warga dunia.

1. Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia.

Pelajar Indonesia yang beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia adalah pelajar yang berakhlak dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa.

Ia memahami ajaran agama dan kepercayaannya serta menerapkan pemahaman tersebut dalam kehidupannya sehari-hari.

Ada lima elemen kunci beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia:




Sumber : Kemndikbud.go.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x