Kompas TV pendidikan kampus

Siap-Siap! 8 Sekolah Kedinasan Buka Pendaftaran Mei 2024, Ada STAN hingga IPDN, Lulus Jadi CPNS

Kompas.tv - 3 Mei 2024, 20:31 WIB
siap-siap-8-sekolah-kedinasan-buka-pendaftaran-mei-2024-ada-stan-hingga-ipdn-lulus-jadi-cpns
Ilustrasi. 8 sekolah kedinasan akan membuka pendaftaran pada Mei 2024. (Sumber: Instagram/@sekolah_kedinasan)
Penulis : Dian Nita | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) akan membuka pendaftaran sekolah kedinasan 2024 pada bulan Mei ini.

Siswa-siswi yang berhasil masuk dan lulus dari sekolah kedinasan akan secara otomatis diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Tahun ini, Kementerian PANRB menetapkan persetujuan formasi pada 8 instansi penyelenggara sekolah kedinasan dengan alokasi 3.445 formasi.

“Pembukaan pendaftaran CPNS melalui sekolah kedinasan akan dimulai bulan ini (Mei) juga, sekarang proses koordinasi penetapan formasinya di masing-masing instansi,” kata Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas, Jumat (3/5/2024).

Sekolah kedinasan yang akan diberikan alokasi formasi adalah Politeknik Keuangan Negara STAN, Insitut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN), Politeknik Siber dan Sandi Negara, Politeknik Statistika STIS, Politeknik Ilmu Pemasyarakatan dan Politeknik Imigrasi, 22 sekolah kedinasan di bawah naungan Kementerian Perhubungan, serta Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG).

Baca Juga: Benarkah Pendaftaran CPNS-PPPK 2024 Diundur sampai Selesai Pilkada? Ini Kata KemenPANRB

“Sekolah kedinasan yang diberikan alokasi dengan mempertimbangkan tantangan zaman. Misalnya di STMKG, di mana kita menghadapi tantangan perubahan iklim. Juga di Politeknik Siber dan Sandi Negara di mana digitalisasi tak terelakkan, sehingga kita butuh talenta misalnya terkait cyber security,” lanjutnya.

Berikut rincian 8 sekolah kedinasan yang buka pendaftaran pada Mei 2024.

1. Sekolah Kedinasan Kemenkumham

Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) memiliki dua sekolah kedinasan yaitu Politeknik Imigrasi (Poltekim) dan Politeknik Ilmu Permasyarakatan (Poltekip).

Poltekim adalah sebuah lembaga pendidikan tinggi kedinasan di lingkungan Kemenkumham yang menyelenggarakan pendidikan profesional kedinasan, terutama diarahkan pada penerapan keahlian, dan ilmu pengetahuan di bidang keimigrasian. 

Sementara Poltekip merupakan sekolah kedinasan di bidang teknis pemasyarakatan yang juga berada di bawah naungan Kemenkumham.

Menempuh pendidikan di sekolah kedinasan Kemenkumham tidak dikenakan biaya alias gratis. Nantinya, lulusan sekolah kedinasan ini akan menjalani ikatan dinas atau langsung bekerja sesuai penempatan.

2. STAN

Sekolah kedinasan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yaitu Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) juga akan kembali membuka pendaftaran pada 2024 ini.

Pendidikan Program Diploma Bidang Keuangan yang diselenggarakan oleh STAN bertujuan untuk menghasilkan tenaga ahli-tenaga ahli di bidang keuangan negara.

Spesialisasi PKN STAN seperti akuntansi, perpajakan, pajak bumi dan bangunan/penilai, kebendaharaan negara, kepabeanan dan cukai, dan kepiutanglelangan. 

3. Sekolah Kedinasan Kemenhub

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) merupakan salah satu instansi yang memiliki banyak sekolah kedinasan.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x