Kompas TV pendidikan sekolah

Cara Cek dan Cairkan Beasiswa PIP Kemdikbud Juni 2024 Pakai Data NIK dan NISN

Kompas.tv - 5 Juni 2024, 11:26 WIB
cara-cek-dan-cairkan-beasiswa-pip-kemdikbud-juni-2024-pakai-data-nik-dan-nisn
Halaman depan situs Program Indonesia Pintar atau PIP Kemdikbud yang digunakan untuk mengecek data penerima PIP. (Sumber: Istimewa)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Indonesia mengungkapkan sistem pengecekan status penerima Beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) 2024 kini dapat dilakukan secara online melalui ponsel pintar.

Beasiswa PIP merupakan inisiatif pemerintah untuk mendukung siswa dari keluarga kurang mampu agar tetap bisa melanjutkan pendidikan.

Pada tahun 2024, Kemdikbud kembali mengalokasikan dana besar untuk program ini, mencakup siswa dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Baca Juga: Cara Cek Status Penerimaan dan Pencairan PIP 2024 Pakai SiPintar Kemdikbud

Cara Cek Pencairan BLT PIP Kemdikbud 2024

  1. Buka laman pip.kemdikbud.go.id di browser ponsel Anda. Setelah halaman terbuka, Anda akan menemukan kolom bertuliskan 'Cari Penerima PIP'.
  2. Di sini, masukkan data pribadi siswa yang terdiri dari Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).
  3. Selanjutnya, selesaikan verifikasi dengan menjawab soal penjumlahan sederhana yang disediakan.
  4. Terakhir, klik tombol 'Cari', dan informasi mengenai status penerimaan beasiswa akan segera ditampilkan.

Kemdikbud tidak hanya memudahkan proses pengecekan, tetapi juga penyaluran dana. Mulai tahun 2024, beasiswa PIP akan langsung ditransfer ke rekening bank yang telah diaktivasi oleh siswa penerima. 

Nominal beasiswa PIP Kemdikbud 2024 bervariasi sesuai jenjang pendidikan. Siswa SD akan menerima Rp450.000 per tahun, dengan pengecualian bagi siswa baru dan kelas akhir yang mendapat Rp225.000.

Untuk siswa SMP, bantuan yang diberikan sebesar Rp750.000 per tahun, sedangkan siswa baru dan kelas akhir menerima Rp375.000.

Siswa SMA mendapatkan porsi terbesar, yakni Rp1.800.000 per tahun. Namun, siswa baru dan kelas akhir SMA menerima antara Rp500.000 hingga Rp900.000.

Baca Juga: Simak Cara Cek Status dan Aktivasi Rekening PIP Kemdikbud Juni 2024 di pip.kemdikbud.go.id



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x