Kompas TV regional berita daerah

Baju Adat Dayak Kantu Kapuas Hulu Hiasi Uang Pecahan 75 Ribu

Kompas.tv - 20 Agustus 2020, 11:15 WIB
Penulis : KompasTV Pontianak

PONTIANAK, KOMPAS.TV - Sebanyak sembilan anak dengan baju adat khas Nusantara menghiasi lembar uang pecahan 75 ribu rupiah spesial kemerdekaan Republik Indonesia. Potret anak dengan baju adat khas daerah itu mewakili keberagaman yang ada di Indonesia.

Baca Juga: 5 Bank Konvensional Nantinya Sediakan Penukaran Uang 75 Ribu

Dari sembilan baju adat, satu di antaranya merupakan baju adat khas Dayak Kantu, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. yakni gambar anak perempuan pada deretan keempat dari sebelah kiri.

“Pakaian adat Kalbar ada di uang pecahan khusus 75 ribu rupiah,” tutur Agus Chusaini, Kepala BI Perwakilan Kalbar.

Potret anak perempuan dalam pecahan 75 ribu itu bernama Kalila berusia 10 tahun yang juga merupakan anak pertama dari pegawai Bank Indonesia Perwakilan Kalbar, Fitrah Prihartanto yang mengikuti seleksi pada 2019 lalu. Fitrah mengaku baru mengetahui anaknya terpilih saat peluncuran pada 17 Agustus lalu.

“Prosesnya tahun lalu kita diminta kirimkan fotonya ke Peruri. Ada lima orang, tapi yang terpilih ada tiga orang,” tutur Fitrah.

Hingga kini, pecahan uang spesial kemerdekaan pertama dalam bentuk uang kertas itu masih menjadi buruan dan pembicaraan hangat di masyarakat, termasuk terkait gambar sembilan anak, dengan pakaian tradisional Indonesia ini.

Simak informasi lain dari Kota Pontianak dan Kalimantan Barat di kanal YouTube KompasTV Pontianak.

#HUTRI #Uang75Ribu




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x