Kompas TV regional berita daerah

Souraja Warisan Sejarah Kerajaan di Kota Palu

Kompas.tv - 24 Agustus 2020, 09:20 WIB
Penulis : KompasTV Palu

PALU, KOMPAS.TV - Di Kota Palu terdapat Sebuah Bangunan Peninggalan keraajan di Tanah Kaili yang bernama Souraja atau saat ini dikenal dengan cagar budaya Banuaoge, ditempat inilah kita dapat mengetahui sejarah kerjaan di Kota Palu.

Cagar budaya Banuaoge atau Souraja terletak di Kelurahan Lere Kecamatan Palu barat Kota Palu Sulawesi Tengah.  Merupakan tempat tinggal Raja Palu beserta keluarganya, Souraja ini sendiri berbentuk rumah panggung yang terbuat dari kayu yang masih berdiri kokoh hingga saat ini walaupun usianya sudah ratusan tahun.

Di dalam Souraja ini kita bisa melihat peninggalan Raja Palu,  seperti mesin jahit lemari serta barang lainnya.
Souraja sendiri merupakan bangunan utama tempat tinggal raja yang memiliki beberapa ruangan didalamnya,  dihalaman Souraja terdapat beberapa bangunan seperti rumah saudara raja dan juga lumbung tempat menyimpan makanan.

Souraja juga telah menjadi saksi banyaknya peristiwa yang terjadi di Kota Palu,  seperti bencana alam yang melanda Kota Palu pada 28 september 2018.

Semenjak ditetapkan menjadi salah satu cagar budaya di Sulawesi Tengah, Banuaoge ini ramai dikunjungi wisatawan dalam dan luar negeri serta para pelajar yang ingin mengetahui mengenai kerajaan di Kota Palu.
Di dalam Souraja ini terdapat beberapa bagian utama seperti ruang tamu, kamar raja, kamar anak gadis di lantai dua, serta dapur dibagian belakang.

#CagarBudayaBanuaOge #Souraja #SukuKaili
 

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x