Kompas TV regional berita daerah

Nelayan Di Takalar Ikut Sekolah Lapang Cuaca Nelayan

Kompas.tv - 28 Agustus 2020, 16:52 WIB
nelayan-di-takalar-ikut-sekolah-lapang-cuaca-nelayan
Sekolah Lapang Cuaca Nelayan ini merupakan salah satu program unggulan BMKG yang bertujan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat khususnya nelayan tentang pentingnya pemanfaatan informasi cuaca dalam kegiatan melaut, (Sumber: BMKG Maritim Paotere)
Penulis : KompasTV Makassar

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Stasiun Meteorologi Maritim (BMKG) Paotere Makassar menggelar sekolah Lapang cuaca nelayan (SLCN) 26 – 28 Agustus 2020 Di Pantai Galesong Kecamatan Galesong Utara Kabupaten Takalar Sulawesi Selatan.

SLCN ini merupakan perhelatan ke empat kalinya sejak dimulai dilaksanakan pada Tahun 2017 lalu.  SLCN Takalar ini diikuti oleh dua puluh lima orang peserta yang terdiri dari Sembilan orang penyuluh perikanan dan satu orang petugas syahbandar perikanan serta Lima belas orang perwakilan kelompok Nelayan asal kabupaten Takalar.

Kegiatan SLCN ini dibuka secara virtual oleh Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto, M.Si dan dihadiri secara langsung oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Takalar, Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah IV Makassar, Kepala UPT BMKG se Sulawesi Maluku dan kepala UPT BMKG Maritim seluruh Indonesia .

Dalam Arahannya Deputi bidang meteorologi mengatakan bahwa Sekolah Lapang Cuaca Nelayan ini merupakan salah satu program unggulan BMKG yang bertujan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat khususnya nelayan tentang pentingnya pemanfaatan informasi cuaca dalam kegiatan melaut, sehingga diharapkan dengan memanfaatkan informasi cuaca  nelayan dapat melaut dengan aman dan dapat meningkatkan hasil tangkapan sesuai dengan tema pelaksanaan SLCN Tahun 2020 ini

“ Dengan Informasi cuaca, melaut selamat, nelayan sejahtera dalam adaptasi kebiasaan baru”ungkap Guswanto.

Sebelumnya, dalam sambutannya Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kab. Takalar Sirajuddin Saraba, mengatakan sangat mengapresiasi pemilihan kabupaten Takalar sebagai tempat pelaksanaan SLCN kali ini.

Sirajuddin juga menambahkan bahwa kabupaten Takalar adalah kabupaten yang memiliki potensi perikanan yang besar di Sulawesi Selatan bahkan sedang mengembangkan komoditas-komoditas baru yang tentu saja sangat membutuhkan informasi cuaca sehingga berharap agar kolaborasi dengan BMKG bisa semakin ditingkatkan.

Sekolah Lapang Cuaca Nelayan ini digelar Tiga hari dan dilaksanakan dengan tetap mengikuti protokol Kesehatan pencegahan covid-19 dimana seluruh peserta dan narasumber diwajibkan memakai masker dan menjaga jarak.

 

#BMKGmaritimpaotere
#nelayantakalar
#informasicuaca




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x