Kompas TV regional berita daerah

Ritual Tabut Ditengah Pandemi Korona

Kompas.tv - 31 Agustus 2020, 20:46 WIB
Penulis : KompasTV Bengkulu

BENGKULU, KOMPAS.TV - Keluarga Tabut Imam Senggolo dan Tabut 7 Senggolo Malabero melakukan prosesi ritual tabut tebuang atau pembuangan tabut. Prosesi itu dilakukan di Makam Imam Senggolo yang berada di Tempat Pemakaman Umum Karbela, di Kelurahan Kebun Tebeng Kota Bengkulu yang dilambangkan sebagai kawasan Padang Karbala di Irak.

Prosesi tabut tebuang berakhir dengan berdoa bersama, lalu melepas dan menyimpan kembali semua perlengkapan ritual tabut. Rangkaian ritual ini bermakna membuang semua perbuatan buruk karena diyakini kebaikan pasti bisa mengalahkan kejahatan.

Inti dari upacara selama 10 hari yang dimulai pada 1 hingga 10 Muharram ini adalah mengenang kisah kepahlawanan dan kematian salah seorang cucu Nabi Muhammad SAW yang gugur dalam perang di Padang Karbela Irak.

Biasanya prosesi ritual ini diikuti oleh puluhan bangunan tabut, namun karena pandemi COVID-19, bangunan tabut yang dibangun dan dibuang hanya berjumlah dua bangunan.

Meskipun sudah diimbau untuk tidak berkerumun, warga tetap ramai dan antusias menyaksikan prosesi ritual adat tahunan Bengkulu ini. Sayangnya tak sedikit warga yang mengabaikan protokol kesehatan seperti tidak menggunakan masker dan menjaga jarak fisik.

#Tabut2020 #TabutBengkulu #TahunBaruIslam #KebudayaanAdatBengkulu



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x