Kompas TV regional berita daerah

Mahasiswa Unjuk Rasa Tolak Relokasi Saluran Irigasi Pabrik Semen

Kompas.tv - 12 September 2020, 17:08 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV – Ratusan mahasiswa di Kabupaten Jember, Jawa Timur, berunjuk rasa menolak relokasi saluran irigasi oleh pabrik semen Imasco Asiatic. Mereka menilai relokasi tersebut membuat warga kesulitan air bersih dan sawah petani kekeringan.

Aksi diawali dengan long march sejauh 2 kilometer, setelah itu ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia atau PMII berunjuk rasa di kantor DPRD Jember pada Kamis (10/09).

Koordinator Aksi, Bagaskara, mengatakan aksi ini sebagai bentuk protes terhadap relokasi saluran irigasi di Kecamatan Puger oleh pabrik semen Imasco Asiatic. 

Relokasi ini dinilai menimbulkan krisis air bersih di sejumlah desa di Kecamatan Puger. Mahasiswa meminta anggota DPRD membatalkan relokasi tersebut dan mengembalikan saluran irigasi seperti semula.

Baca Juga: Demo Mahasiswa Tolak Relokasi Saluran Irigasi Ricuh

 Aksi kemudian dilanjutkan di kantor Pemerintah Kabupaten Jember. Disini mereka ditemui oleh Bupati Jember, Faida. Dalam sambutannya, Faida berjanji akan mengawal persoalan saluran irigasi, yang diduga menyalahi aturan.

Meski berlangsung tertib, aksi ratusan mahasiswa mengabaikan protokol kesehatan, yakni berkerumun atau tidak menjaga jarak dan sebagian tidak bermasker.

 

#PabrikSemen #AksiMahasiswa #RelokasiSaluranIrigasi




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x