Kompas TV regional viral

Odading Mang Oleh Makanan Viral Langganan SBY dan Ibu Ani Hingga Jadi Suguhan George Bush

Kompas.tv - 16 September 2020, 13:35 WIB
odading-mang-oleh-makanan-viral-langganan-sby-dan-ibu-ani-hingga-jadi-suguhan-george-bush
Viral! Cara Jual Odading Mang Sholeh dengan Nada Ngegas (Sumber: Twitter @kencrotawn dan @arieparikesit)
Penulis : Dian Septina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kue odading Mang Oleh di Jalan Baranangsiang, Kota Bandung, Jawa Barat, mendadak viral setelah dipromosikan oleh Ade Londok.

Dalam video yang viral tersebut, kalimat cukup nyeleneh adalah "rasanya (setelah dimakan) seperti Anda menjadi Ironman". Terselip juga beberapa kata-kata kasar yang juga diingat oleh masyarakat.

Saat berbincang dengan Kompas.com, Rabu (16/9/2020), pemilik usaha odading, Oleh (60), bercerita bahwa dagangannya laku keras setelah videonya viral sejak Jumat (11/9/2020).

Orang yang mempromosikannya adalah Ade Londok yang merupakan sahabat anaknya. Sejak video itu viral, kata Oleh, produksi odading dan cakwenya naik hingga empat kali lipat.

Saking ramainya, anak-anak Mang Oleh sampai harus mengeluarkan dua kompor untuk memasak adonan odading dan cakueh.

Baca Juga: Viral! Cara Jual Odading Mang Sholeh dengan Nada Ngegas

Jika hari normal ia bisa menjual 30 kilogram bahan adonan, kini ia sanggup menjual 1,2 kuintal per hari dari pukul 06.00 WIB hingga 17.30 WIB.

"Saya sudah dagang selama 30 tahun, ini seperti titik puncak karier saya. Saya enggak nyangka bisa ramai seperti ini. Peningkatannya hingga empat kali lipat," ujar ayah 15 anak ini.

Oleh bercerita, odadingnya sudah menjadi langganan para pesohor, seperti Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ani Yudhoyono yang sering mampir ke warungnya sebelum menjadi presiden.

Bahkan, odading dan cakwenya pernah menjadi makanan jamuan Istana Negara saat kedatangan Presiden Amerika George W Bush.

Baca Juga: Viral Karena Promosi 'Ngegas' Odading Mang Oleh, Ini Fakta Kue Odading Asal Bandung

Meskipun menjadi langganan para pesohor, kata dia, penjualan odadingnya tak naik signifikan. Justru kelakar Ade Londok di media sosial yang mendongkrak omzetnya.

Oleh tak menampik bahwa Ade Londok yang paling berjasa dalam meningkatkan penjualan odadingnya.

Terlebih lagi, dengan kedatangan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, produknya akan kian terpromosikan.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x