Kompas TV regional berita daerah

Pembersihan Patung Dewa Jelang Hari Raya Imlek

Kompas.tv - 11 Februari 2021, 20:11 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

Denpasar, KOMPASTV - Tradisi penyucian pratima atau patung dewa , dimulai sabtu pagi , semua pratima atau patung dewa dikeluarkan dan dicuci hingga bersih, tidak hanya patung dewa /perlengkapan persembahyangan seperti tempat dupa, tempat lilin dan seluruh bangunan kongco juga ikut dibersihkan .

tradisi dalam setahun sekali ini , semua patung yang bersinggungan dengan asap dupa dibersihkan/dicuci memakai kuas , sikat ,air sabun dan selanjutnya dibilas dengan  tirta atau air bunga. Mawar.

Sebelum pembersihan atau penyucian kepada arca patung dewa yang disucikan ini / sehari sebelumnya dilakukan persembahyangan mengantar dewa ke langit/ ida bagus adnyana selaku penanggung jawab dan pemangku konco ,dalam kegiatan pembersihan patung  dewa/hanya pengayah yang boleh melakukan kegiatan penyucian  ini.



Salah satu umat atau pengayah asal kabupaten tabanan mengaku setiap tahun jelang hari raya imlek tiba, pasti ikut bersih bersih atau ngayah dengan hati yang tulus iklas /tidak ada paksaan untuk membersihkan patung dewa dan semua bangunan yang ada di griya konco dwipayana tanah kilap.


Ditengah pandemi covid-19 ini ,untuk menutup dan menyambut tahun baru imlek,pada tanggal 11 februari 2021 nanti ,persembahyangan umat dan yang ikut prosesi akan dibatasi hingga pukul sepuluh malam.

#denpasar #jelangimlek #pembersihanpatungdewa



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x