Kompas TV regional kesehatan

Mencegah Dan Mengatasi Vertigo | AYO SEHAT

Kompas.tv - 25 Maret 2021, 01:51 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

JAKARTA, KOMPASTV - Diantara sobat sehat, adakah yang pernah mengalami pusing yang hebat, sampai keadaan sekitarnya terasa berputar?.  Nah jika itu terjadi, bisa jadi sobat sehat tengah mengalami vertigo.

Kebanyakan orang tidak sadar bahwa sakit kepala atau pusing yang dirasakan adalah vertigo. Bahkan tak sedikit yang mengabaikan hal tersebut. Padahal ada bahaya yang mengintai akibat vertigo sobat sehat. Oleh sebab itu penting untuk mengenal lebih dalam tentang penyakit vertigo.

Lantas apa yang menyebabkan terjadinya vertigo?.

Umumnya, vertigo disebabkan masalah pada telinga bagian dalam atau vertigo perifer. Dan sebab umum lainnya, yakni masalah pada otak atau gangguan sistem saraf, yang dikenal sebagai vertigo sentral.

Selain penderitanyanya mengalami pusing sampai sekitarnya terasa berputar-putar, penderita vertigo juga mengalami gejala lainnya, diantaranya, 

Serangan vertigo bisa berlangsung dalam hitungan detik hingga menit, namun ada juga penderita yang merasakan serangan vertigo dalam hitungan jam bahkan hari.

Perbedaan lama tidaknya serangan vertigo dan sering tidaknya vertigo muncul, tergantung pada penyebabnya. Dengan mengetahui penyebab vertigo kumat, dokter bisa menemukan jenis pengobatan yang tepat sebagai cara mengatasi vertigo.

Lantas apa yang harus dilakukan jika seseorang terserang vertigo?. Bagaimana pula cara menanganinya?. Dan kapan saat yang tepat bagi penderita vertigo, untuk berkonsultasi dengan dokter?.

Ayo sehat akan mengulasnya lebih dalam, bersama narasumber yang akan hadir. Temukan jawabannya di ayo sehat.

Follow us:

Instagram : @ayosehat_kompastv 




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x