Kompas TV regional update corona

Dinkes Sulsel Selidiki Kematian Seorang Warga Pasca Vaksinasi Covid-19

Kompas.tv - 25 Maret 2021, 13:16 WIB
Penulis : Natasha Ancely

TAKALAR, KOMPAS.TV - Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan menurunkan tim untuk menyelidiki kasus meninggalnya seorang warga asal Kabupaten Takalar seusai menjalani vaksin covid-19 dosis pertama.

Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi atau komnas KIPI memastikan vaksinasi tidak memicu kematian.

Seorang warga Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan, meninggal dunia pada 22 Maret kemarin di salah satu rumah sakit di Makassar.

Almarhum meninggal tepat 1 minggu setelah menjalani suntik vaksin dosis pertama pada 15 Maret.

Sebelum divaksin, almarhum dinyatakan dalam kondisi sehat hingga akhirnya dinyatakan meninggal dunia 3 hari setelah divaksin.

Ia mendapat suntikan vaksin dosis pertama di tempat kerjanya di Kota Makassar.

Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel langsung menurunkan tim untuk menyelidiki kasus kematian, berkoordinasi dengan puskesmas setempat dan meminta keterangan anggota keluarga almarhum di Takalar.

Tim juga akan memeriksa vaksin yang digunakan almarhum dan mengecek riwayat medis semasa hidupnya.

Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pasca-Imunisasi (KIPI) angkat bicara. Komnas KIPI memastikan bahwa vaksinasi tidak memicu kematian.

Komnas KIPI menduga almarhum meninggal dunia akibat penyakit bawaan atau komorbid di usia lanjut yang menimbulkan serangan kematian mendadak.

Sebelum disuntikkan ke masyarakat, vaksin covid-19 yang saat ini digunakan di Indonesia sudah terlebih dahulu menjalani uji klinis hingga beberapa tahap. Pemerintah juga menjamin vaksin yang dipakai aman dan halal.




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x