Kompas TV regional berita daerah

Tanaman Padi Diserang Hama Wereng, Petani Gagal Panen

Kompas.tv - 1 April 2021, 10:02 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Ratusan hektar tanaman padi di Jember Jawa Timur terserang hama wereng. Akibatnya bulir padi rusak dan sebagian tanaman mati. Petani pun terpaksa membakar tanaman padi agar hama wereng tidak meluas.

Jelang musim panen, tanaman padi di Desa Kertonegoro Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember justru diserang hama wereng, akibatnya petani gagal panen.

Baca Juga: Tanaman Cabai Petani Rusak dan Gagal Panen, Penyebab Harga Cabai Terus Naik

Salah satu petani padi, Abdul Manap, mengatakan bahwa tanaman padi mengalami kerusakan pada daun, akar dan batang rumpun sehingga tanaman layu, kering dan mati. Bulir padi yang dihasilkan menjelang masa panen juga mengecil dan kosong.

Untuk menekan kerugian lebih besar, petani panen lebih awal, meski hasil panen dan kualitasnya menurun. Namun sebagian petani membakar rumpun padi untuk mencegah penyebaran hama wereng.

Ketua kelompok tani, Jazuli mengatakan bahwa penggunaan obat hama wereng sudah dilakukan oleh petani, namun hama wereng tetap terjadi dan meluas. Akhirnya petani memutuskan untuk membakar tanaman yang diserang wereng.

Baca Juga: Cuaca Buruk Jadi Faktor Petani Gagal Panen, Harga Cabai Melonjak Naik!

Dari catatan kelompok tani di desa setempat, ada 429 hektar tanaman padi yang memasuki masa panen, namun 70 persen diantaranya terserang hama wereng.

 

#TanamanPadi #GagalPanen #Petani #HamaWereng

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x