Kompas TV regional berita daerah

Warga Sulap Pos Kamling Menjadi Taman Baca Bagi Anak

Kompas.tv - 5 April 2021, 19:06 WIB
Penulis : KompasTV Kediri

KEDIRI, KOMPAS.TV - Pos ronda biasanya hanya digunakan untuk tempat menjaga keamanan lingkungan. Namun di Kota Kediri, ada sebuah pos kamling yang juga digunakan sebagai taman baca. Selain menyediakan berbagai buku bacaan, di tempat ini juga dilengkapi internet gratis untuk belajar para siswa.

Pos ronda di RT 6 RW 2 kelurahan Ngronggo kota Kediri ini, terlihat sedikit berbeda. Beberapa anak sedang asyik duduk di depan pos ronda sambil membaca berbagai buku.

Sejak 2 tahun lalu pos ronda ini disulap oleh warga menjadi taman baca bagi siswa. Ide pembuatan taman baca di dalam pos ronda ini muncul akibat keresahan orang tua, tentang bahaya kecanduan gawai pada anak.

Dari situlah, warga mulai saling bahu membahu mengumpulkan dana untuk membangun taman baca. Kini berbagai buku mulai dari komik hingga kamus, dapat dijadikan bahan literasi anak-anak, di lingkungan sekitar.

Tidak hanya itu, warga sekitar kini juga menggunakan pos ronda tersebut, sebagai tempat belajar bahasa inggris. Semua inovasi tersebut, ditujukan agar anak gemar membaca, dan terhindar dari kecanduan gawai.

Taman baca pos ronda ini pun, disambut gembira oleh anak-anak. Mereka selalu menyisihkan waktu 1 hingga 2 jam, untuk sekedar membaca buku, baik dongeng maupun pelajaran.

Selain buku bacaan, pos ronda ini juga dilengkapi dengan layanan internet gratis bagi siswa. Di tempat ini, anak-anak dapat belajar daring dengan memanfaatkan layanan internet gratis, yang telah tersedia tersebut.

Biaya pembuatan taman baca pos ronda ini, menggunakan swadaya warga sekitar. Setiap hari, mereka mengumpulkan sejumlah uang, untuk operasional taman baca tersebut.

#Kediri #Tamanbaca #Literasi #Buku #Posronda #Beritakediri

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x