Kompas TV regional berita daerah

Indonesia Raya Bergema di Keraton Yogyakarta pada Hari Kebangkitan Nasional 2021

Kompas.tv - 22 Mei 2021, 10:42 WIB
Penulis : Gempita Surya

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Keraton Yogyakarta menggelar pentas musik dalam rangka Hari Kebangkitan Nasional, Kamis (20/5/2021). Gelaran bertajuk Pentas Musikan Mandalasana: Indonesia Raya Bergema ini diselenggarakan di Kagungan Dalem Bangsal Mandalasana.

Acara ini merupakan bagian dari Gerakan Indonesia Raya Bergema yang diinisiasi oleh Pemerintah DIY dan Forum Yogyakarta Untuk Indonesia (Foryou Indonesia).

Lantunan musik dibawakan oleh Abdi Dalem Musikan KHP Kridhomardowo dengan menampilkan beberapa lagu nasional.

KPH Notonegoro dari Keraton Yogyakarta menjelaskan, melalui acara ini Keraton Yogyakarta kembali melantunkan lagu-lagu perjuangan setelah sempat vakum pada saat kemerdekaan, kemudian Bangsal Mandalasana kembali diaktifkan dua tahun lalu.

“Kebetulan pada saat itu tanggal 18 Agustus (dua tahun lalu), lagu pertama yang dibunyikan di Bangsal Mandalasana setelah hampir 100 tahun tidak dipakai itu adalah lagu Indonesia Raya. Oleh karena itu pada hari ini kami beserta konco musikan hari ini ada sekitar 16 personil yang akan tampil sangat berbahagia bisa berpartisipasi dalam Gerakan Indonesia Raya Bergema ini,” jelas KPH Notonegoro.

Salah satu yang dibawakan adalah lagu kebangsaan “Indonesia Raya” yang diikuti dengan khidmat oleh para tamu undangan.

Berperan sebagai conductor adalah KRT Waditrowinoto dan MB Widyoyitnomardowo. Selain itu, Abdi Dalem Musikan KHP Kridhomardowo juga membawakan lagu “Tanah Air” dan medley lagu nusantara.(*)

Video Editor: Agus Eko



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x