Kompas TV regional sosial

Pemprov DKI Siapkan Obat bagi Warga Jakarta yang Isolasi Mandiri Melalui Telemedicine

Kompas.tv - 14 Juli 2021, 18:53 WIB
pemprov-dki-siapkan-obat-bagi-warga-jakarta-yang-isolasi-mandiri-melalui-telemedicine
Ilustrasi jasa telemedicine (Sumber: KompasTV/Ant)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, bagi warga DKI Jakarta yang melakukan isolasi mandiri, obat sudah disiapkan oleh pemerintah melalui platform telemedicine. 

"Jadi masyarakat tinggal mengajukan secara online (ke telemedicine), nanti segera dikirim," kata Riza melalui rekaman suara, Rabu (14/7/2021). 

Ia menjelaskan, Gubernur DKI Anies baswedan sudah memerintahkan agar setiap kelurahan ada petugas yang memastikan warga dapat mengisi melalui platform telemedicine agar tidak kesulitan mendapatkan vitamin dan kebutuhan lainnya. 

Selain vitamin dan obat-obatan, melalui aplikasi telemedicine, masyarakat dapat berkomunikasi dengan dokter dan perawat agar kondisi pasien tetap termonitor selama isolasi di rumah.

"Dengan demikian diharapkan tidak ada lagi masalah nanti bagi yang melaksanakan isolasi mandiri karena secara online bisa berkomunikasi dengan dokter dan perawat," jelas Riza. 

Baca Juga: Pasien yang Jalani Isolasi Mandiri Diimbau Manfaatkan Layanan Telemedicine Sebagai Panduan

Riza meminta pasien Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing tetap melaporkan kondisinya dan berkoordinasi dengan RT/RW, puskesmas, atau Satgas Covid-19 di lokasi masing-masing. 

"Untuk itu butuh dukungan dan perhatian kita bersama. Mohon yang melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing tetap melaporkan dan berkoordinasi dengan RT/RW, puskesmas setempat atau satgas covid setempat," kata Riza. 

Dengan begitu, satgas covid atau petugas kesehatan dapat memantau dan membantu kebutuhan masyarakat yang sedang isolasi mandiri. 

"Satgas Covid-19 akan melakukan monitoring, pemantauan, dan pengawalan untuk membantu apa saja yang menjadi kebutuhan masyarakat," jelas Riza. 

Pihak Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga membuka fasilitas isolasi bagi pasien Covid-19 di sejumlah lokasi mulai dari RSDC Wisma Atlet Kemayoran, Rusun Nagrak Cilincing, Asrama Haji Pondok Gede, dan Rusun Pasar Rumput. 

Baca Juga: Layanan Telemedicine Bagi Pasien Covid-19



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x