Kompas TV regional berita daerah

Kisah Perajin Alat Masak Tradisional Kala Pandemi di Cianjur

Kompas.tv - 9 Agustus 2021, 16:55 WIB
Penulis : KompasTV Bandung

CIANJUR, KOMPAS TV –

Pandemi covid-19 sangat berdampak terhadap para pelaku usaha mikro kecil menengah seperti perajin alat masak tradisional di Kampung Pasir Terong, Desa Maleber, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Cianjur, ini yang mencoba bertahan di tengah keterbatasan.

Dandang atau yang biasa disebut langseng serta seng oleh masyarakat Cianjur merupakan alat penanak nasi tradisional yang masih digunakan oleh sebagian masyarakat saat ini dandang yang berbahan alumunium ini berfungsi sebagai wadah untuk mengukus nasi.

Mulai merintis usaha sejak 4 tahun lalu, Sadikin sempat sukses berjualan alat penanak nasi tradisional ini dengan harga Rp. 30.000, selain memasok ke sejumlah toko alat rumah tangga di Cianjur, Ia juga memasok alat masak jaman dulu ini ke wilayah Sukabumi.

Namun sejak awal pandemi covid-19 di Indonesia, usahanya mulai merosot hingga Sadikin harus kehilangan banyak pesanan dari luar daerah pendapatan terus menurun, bahkan ia pun tak mampu menggaji karyawan, sehingga harus bekerja sendiri memproduksi alat masak tradisional berbahan alumunium ini.

Untuk lebih tahu berita terupdate seputarJawa Barat, bisa klink link di bawah .

IG :https://www.instagram.com/kompastvjabar/

Youtube :https://www.youtube.com/c/kompastvjaw...

Twitter :https://www.twitter.com/kompastv_jabar/

Facebook :https://www.Facebook.com/kompastvjabar/




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x