Kompas TV regional berita daerah

Cara Mahasiswa Bandung Bangkitkan Usaha Masyarakat

Kompas.tv - 26 Agustus 2021, 13:58 WIB
Penulis : KompasTV Bandung

BANDUNG. KOMPAS. TV- Di tengah pandemi seorang mahasiswa di kota bandung bangkitkan usaha masyarakat desa di sekitarnya, bersama temannya ia membantu menciptakan website sebagai layanan pesan antar berbasis online  untuk pedagang makanan sekitar.

Diawal pandemi covid 19  banyak usaha para pedagang makanan di wilayah desa ciburial yang merupakan, salah satu kawasan wisata di kabupaten bandung terdampak secara ekonomi.

Kondisi ini membuat fauzan mahasiswa jurusan hubungan inernasional di salah satu universitas di kota bandung empati terhadap masyarakat sekitar desanya yang terdampak pandemi ia pun sempat menjual kamera miliknya dibelikan sembako untuk dibagikan kepada warga sekitar.

Sadar hal ini tidak dapat dijadikan solusi jangka panjang muhammad syahrul fauzan dan sahabatnya randy awi tak tinggal diam mereka pun membuat website sebagai layanan pemesanan makanan berbasis online bagi para pedagang.

Hal ini dilakukan agar para pedagang dapat memasarkan dagangannya lebih luas dan lebih mudah

Fauzan menilai banyak masyarakat desa yang ponselnya terbatas untuk mengunduh aplikasi untuk itu jasa pesanan makanan yang ia ciptakan berbasis website, untuk memudahkan akses warga desa.

Sementara untuk jasa pengiriman fauzan memberdayakan pemuda sekitar terutama mereka yang masih belum memiliki pekerjaan.

 Awalnya tidak lah mudah meyakinkan para pedagang yang belum melek teknologi untuk bergabung di website  namun saat ini sudah ada puluhan pedagang yang bergabung untuk menjual menu mereka di website ini.

Selain kuliner ciburial di garut ia juga menciptakan kuliner malangbong yang juga sudah memiliki banyak mitra ia berharap, langkahnya ini membantu para pedagang di desa agar bangkit di tengah pandemi covid-19 iapun mengajak para pemuda dapat lebih peduli dan bisa berdaya bagi lingkungan sekitar mereka.

Untuk lebih tahu berita terupdate seputarJawa Barat, bisa klink link di bawah .

IG :https://www.instagram.com/kompastvjabar/

Youtube :https://www.youtube.com/c/kompastvjaw...

Twitter :https://www.twitter.com/kompastv_jabar/

Facebook :https://www.Facebook.com/kompastvjabar/

 




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x