Kompas TV regional berita daerah

Belasan Anjing Diselamatkan Dari Rumah Jagal

Kompas.tv - 1 Oktober 2021, 16:11 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Komunitas Pecinta Anjing bersama Polisi menyelamatkan belasan ekor anjing dari sebuah rumah jagal di kawasan Pundong,  Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Setelah diselamatkan 17 ekor anjing itu langsung dievakuasi ke salah satu shelter penampungan anjing di daerah Sleman, Yogyakarta. 

Aksi penyelamatan anjing-anjing ini berawal dari informasi salah seorang warganet yang memviralkan rekaman video kegiatan pemilik rumah jagal. Berbekal rekaman video itu, Aktivis Ron-Ron Dog Care kemudian meminta bantuan kepolisian untuk membantu proses penyelamatan, dengan cara bernegosiasi dengan pemilik rumah jagal. Dari negosiasi itu, pemilik rumah jagal akhirnya bersedia menyerahkan 17 anjing yang akan disembelih, namun dengan syarat ditebus. Syarat itu disanggupi oleh para Aktivis Ron Ron Dog Care dan Polisi, dengan catatan pemilik rumah jagal membuat surat pernyataan berhenti berjualan daging anjing. "Saat ditemukan, ada anjing yang dalam karung dengan mulut terikat, ini mungkin yang siap potong. Total ada 10 anjing dewasa dan 7 anjing anakan. Saya nego, akhirnya mau, yaa sudah kemudian kita angkut," kata Victor Indra Buana dari Ron Ron Dog Care (RRDC) Yogyakarta. 

Setelah diselamatkan dari rumah jagal, anjing-anjing ini kemudian dievakuasi ke shelter milik RRDC di Kawasan Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. Di tempat ini, 17 ekor anjing yang baru diselamatkan ini bergabung bersama dengan ratusan ekor anjing terlantar lainnya. 

Selain anjing buangan dan cacat akibat kecelakaan, sebagian besar anjing di tempat ini adalah hewan sitaan aparat polisi dalam kasus penyelundupan anjing untuk konsumsi, yang para pelakunya tertangkap di Kulon Progo, Yogyakarta, beberapa waktu lalu. Untuk memberi makan anjing-anjing ini, RRDC mengandalkan bantuan dari para donatur. 

#RRDCYogyakarta #jagalanjing #komunitaspecintaanjing 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x